Kompas.com - 24/11/2021, 12:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajan dan panci merupakan alat masak yang wajib ada di setiap dapur rumah untuk kegiatan memasak.

Namun, baik wajan maupun panci bisa menjadi gosong atau hangus setelah digunakan untuk memasak.

Saat wajan dan panci menjadi gosong, tampilannya tentu tidak menarik dan kotor, serta dapat memengaruhi kesehatan dan kesegaran makanan yang akan dimasak nantinya.

Baca juga: Catat, Ini Tanda Harus Mengganti Wajan dan Panci Antilengket

Dilansir dari Lifehack Solution, Rabu (23/11/2021), berikut ini 5 cara membersihkan wajan dan panci yang gosong.

Sebagai cara mengusir lalat yang membandel, kita bisa membuat campuran setengah cangkir air, setengah cangkir isopropil alkohol, dan satu sendok teh cairan pencuci piring. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.SHUTTERSTOCK/THAMYRIS SALGUEIRO Sebagai cara mengusir lalat yang membandel, kita bisa membuat campuran setengah cangkir air, setengah cangkir isopropil alkohol, dan satu sendok teh cairan pencuci piring. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.

1. Gunakan sabun cuci piring dan rendam di air panas

Cara pertama untuk membersihkan wajan dan panci yang gosong atau terbakar adalah dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas.

Pertama-tama kamu perlu menuangkan sedikit sabun cuci piring cair ke bagian wajan atau panci yang gosong. Setelah itu, rendam wajan maupun panci ke dalam air panas semalaman.

Keesokan harinya, kamu bisa membilas dan menggosok panci atau wajan dengan spons pencuci piring untuk menghilangkan kerak hangus.

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Keramik agar Tahan Lama

2. Gunakan air panas dan spatula kayu

Saat wajan atau panci sudah gosong, tidak perlu panik. Kamu bisa langsung merendam wajan dan panci yang masih panas dalam air hangat.

Diamkan selama 15-20 menit agar kerak atau tanda gosongnya hilang. Kemudian, kamu bisa menggunakan spatula kayu atau spons untuk menghilangkan kerak yang hangus dengan menggosoknya secara perlahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.