Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2021, 20:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasang ubin baru merupakan sebuah pekerjaan besar dan salah satu keputusan ppenting dalam mendekorasi rumah.

Pilihan ubin yang tepat dapat memperoleh desain yang diinginkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Baca juga: Simak, Ini Cara Mengatasi Tampilan Ubin yang Retak 

Namun, memilih ubin untuk rumah tak boleh sembarangan. Sebelum membeli dan memasangnya, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar lantai cocok dengan rumah Anda.

Melansir dari Beauty Harmony Life, Senin (13/12/2021), berikut tips memilih lantai yang tepat untuk rumah. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Goresan pada Lantai Kayu

Cari tahu material lantai

Ilustrasi lantai kayu, penggunaan lantai kayu di rumah.UNSPLASH/COLLOV HOME DESIGN Ilustrasi lantai kayu, penggunaan lantai kayu di rumah.
Saat ingin membeli lantai, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu material atau bahan lantai seperti lantai kayu, vinil, dan keramik.

Pemilihan bahan tergantung dari lokasi ubin akan dipasang. Untuk kamar mandi dan dapur, kamu perlu bahan yang kuat dan tahan air. Tidak heran jika ubin keramik sangat populer untuk dipilih. 

Namun, ubin sendiri terbuat dari bahan-bahan berbeda sepeti keramik, porselen, dan batu alam. Jika memilih batu alam, kamu harus melapisinya agar tetap terlindungi karena mudah keropos.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ubin agar Kamar Mandi Tampak Lebih Besar

Ubin keramik tahan lama dan harganya terjangkau, sementara ubin porselen menawarkan lebih banyak pilihan gaya serta harganya mahal.

Untuk lantai kayu, lebih terlihat bergaya dan tahan lama dengan perawatan tepat, tapi harganya bisa mahal. Namun, ada lantai kayu rekayasa yang terbuat dari campuran kayu timber dengan permukaan yang dilapisi.

Jenis lantai ini harganya cukup terjangkau dan berkualitas. Alternatif lainnya, lantai vinil mewah. Perawatan yang dibutuhkan pun lebih sedikit.

Baca juga: 3 Pilihan Ubin Lantai Kamar Mandi Antilicin

Pilih gaya yang sesuai dengan tema ruangan

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah gaya, pola, dan warna ubin yang hendak dipilih.

Namun, tiga poin itu tergantung pada tema ruangan. Misalnya, ruangan kecil atau gelap lebih cocok dipasangi lantai berwarna terang.

Untuk pola, garis-garis tebal atau pola yang khas dapat membuat interior tampak fantastis serta berani. Namun, di sisi lain, pola-pola tersebut dapat membuat rumah terlihat kuno. 

Jika menggunakan lantai kayu, pola Herringbone dapat membuat lantai terlihat lebih modern dan bergaya.

Akan tetapi, pola itu mungkin akan menjadi kuno dalam beberapa tahun mendatang. Kamu bisa mencari gaya lain apabila ingin memiliki interior yang lebih individual.

Baca juga: Lantai Vinyl Berubah Warna? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com