Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mendekorasi Rak Buku agar Terlihat Warna-warni

Kompas.com - 13/12/2021, 15:52 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu belakangan, tren mendekorasi rak buku menjadi warna-warni tengah naik daun.

Sebagian besar waktu yang dihabiskan di rumah karena pandemi Covid-19 membuat orang-orang menata buku-buku mereka berdasarkan warna yang dimiliki.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Buku Kesayangan Agar Awet

Salah seorang yang menata bukunya berdasarkan warna adalah Sarah Turner, General Counsel dan Company Secretary REA Group—perusahaan pemilik Real Estate.

“Saya mengorganisir buku-buku berdasarkan warna demi ketenangan. Bukan saat melakukannya, tetapi ketenangan saat melihatnya,” jelas Turner mengutip Real Estate, Senin (13/12/2021). 

Sarah menerangkan bahwa kegiatan mengatur buku berdasarkan warna sudah dilakukannya sejak lama, bukan terinspirasi dari kerja dari rumah akibat pandemi. 

Baca juga: Ragam Cara Merawat dan Melestarikan Koleksi Buku Lama

Turner mengatakan senang memiliki rak buku warna-warni di belakangnya ketika melakukan sesi Zoom. Namun, ternyata menyusun rak buku warna-warni membutuhkan waktu lama. 

“Ini bukanlah cara logis untuk mengorganisir buku. Akan lebih membantu jika saya mengelompokkannya berdasarkan tema atau penulis,” ucap Turner.

Menata buku-buku ini juga memudahkan pencarian saat membutuhkannya. Bila tertarik menyusun rak buku seperti dilakukan Turner, berikut tips mendekorasi rak buku agar tampak warna-warni dirangkum dari Real Estate. 

Baca juga: 15 Ide Dekorasi Rak Buku Kreatif Yang Penuh Gaya

Ketahui warna yang paling banyak dimiliki

Ilustrasi rak buku. PEXELS/TARYN ELLIOTT Ilustrasi rak buku.
Sebelum merapikan buku berdasarkan warna, ketahui dulu warna apa yang paling banyak dimiliki. Hal ini untuk mengantisipasi pemandangan rak buku sesuai dengan yang diinginkan.

Sebagai contoh, jika memiliki banyak koleksi buku klasik terbitan Penguin, warna utama dari rak bukumu adalah oranye.

Mulai dari warna paling gelap

Menyusun rak buku warna-warni mungkin terlihat mudah. Namun, ini bergantung pada seberapa banyak buku yang dipunya atau seperti apa bentuk rak buku. Hal itulah yang mungkin akan membuat bingung.

Jika hanya ingin menyusun sebaris rak buku, kamu bisa memulainya dengan punggung buku berwarna gelap. Selanjutnya, mulai menambahkan punggung buku berwarna terang.

Jika ingin mengubah urutan warna, mulailah dengan tone warna paling gelap, kemudian isi ruang yang tersedia dengan warna-warna pucat.

Baca juga: Feng Shui: 5 Lokasi Terbaik di Rumah untuk Menyimpan Koleksi Buku

Isi satu rak buku dengan satu warna

Rak buku yang memiliki slot-slot kotak bisa diisi dengan warna berbeda pada masing-masing slot tersebut.

Sebagai contoh, slot pada kiri atas bisa diisi dengan punggung buku warna merah, sementara slot kanan atas diisi dengan buku berwarna kuning.

Kemudian, slot pada kanan bawah diisi dengan punggung buku warna hijau dan slot kiri bawah berwarna biru. 

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Rak Buku yang Tidak Membosankan

Tambahkan dekorasi dengan warna yang sesuai

Untuk warna pelangi alias warna-wanri pada rak buku semakin menonjol, kamu bisa manfaatkan dekorasi sederhana seperti lilin, mangkuk, dan bingkai yang warnanya sesuai dengan warna punggung buku yang ditampilkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com