Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Cara Merawat dan Melestarikan Koleksi Buku Lama

Kompas.com - 17/03/2021, 21:02 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika mengoleksi buku-buku tua dan tak ternilai adalah hobimu, maka kamu perlu belajar tentang cara menjaga dan melestarikannya juga.

Tidak ada yang lebih berharga di dunia ini selain pengetahuan. Dan terlepas dari semua revolusi dunia maya, buku kertas sampul tebal yang dapat disentuh, dirasakan, dan dibaca di waktu senggang terus menjadi sumber pengetahuan terbesar.

Meskipun buku elektronik dan internet telah mengancam keberadaan buku kertas, ada lebih banyak alasan untuk tetap memelihara sebuah buku kertas, sehingga generasi berikutnya bisa melihat beberapa koleksi buku terbaik.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Rak Buku yang Tidak Membosankan

Oleh karena itu, masuk akal untuk mencoba dan melestarikan buku dengan cara yang tepat, karena mereka dapat dengan mudah dihancurkan oleh penanganan yang salah atau penyimpanan yang tidak tepat.

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (17/3/2021), berikut ini beberapa tips untuk membantumu merawat dan melestarikan sebuah buku dengan cara yang benar

1. Buat sampul

Cara terbaik untuk melindungi bukumu dari bahaya langsung dan tumpahan kopi adalah dengan membungkusnya dengan sampul khusus yang berplastik.

Kebanyakan sampul plastik digunakan karena murah dan tahan air. Sementara sampul kulit di sisi lain mahal dan membutuhkan banyak perawatan.

Baca juga: Cara Melindungi Koleksi Buku di Rumah Agar Terhindar Dari Jamur

Kamu harus melindunginya dari kelembapan dan juga sinar matahari langsung.

2. Jaga agar tetap lurus

Masalah dalam memelihara buku adalah sulit mempertahankan bentuknya, khususnya pada lembaran-lembaran kertas yang muda terlipat.

Oleh karena itu, usahakan tetap menjaga lembaran kertas dan sampul buku agar tetap lurus.

Selalu simpan bukumu di rak dan tutup bukumu saat kamu tidak membacanya. Bentuknya bisa dipertahankan lebih lama jika tidak dibiarkan terbuka atau terbalik.

3. Simpan di lemari tertutup

Rak buku yang terbuka mungkin memamerkan koleksi bukumu, tetapi untuk menyimpan buku, kamu perlu lemari tertutup.

Kelembapan dan debu dari udara sekitar akan menggerogoti kertas setelah beberapa tahun. Pilih lemari kaca jika kamu ingin memperlihatkan koleksi bukumu untuk dekorasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com