Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2021, 07:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang mengoleksi buku, bahkan dalam jumlah yang sangat banyak. Kadang-kadang, kita membeli buku secara rutin atau dihadiahi buku, hingga cepat atau lambat, kita telah mengumpulkan banyak sekali buku.

Buku bisa jadi sulit untuk disingkirkan, karena kita cenderung memiliki harapan besar bahwa suatu hari nanti kita akan segera membacanya. Kita juga mungkin menyimpan buku-buku yang dulunya bermakna, meskipun buku-buku itu tidak lagi beresonansi dengan kita.

Ini bahkan bisa berarti bahwa kita menghindari membeli buku yang benar-benar ingin kita baca, karena kita merasa perlu membaca buku yang sudah kita miliki terlebih dahulu.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Buku Kesayangan Agar Awet

Ilustrasi rak buku. PEXELS/TARYN ELLIOTT Ilustrasi rak buku.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (7/11/2021), dalam feng shui, buku mewakili kebijaksanaan, pengetahuan, dan informasi. Ini juga berlaku untuk buku fiksi.

Ketika Anda menyimlan banyak buku lama, itu mungkin berarti Anda juga memegang cara berpikir lama. Ini dapat mencegah Anda melihat peluang baru dan memunculkan ide-ide baru.

Untuk mengundang inovasi dan cara berpikir baru ke dalam hidup, perlu ada ruang. Mulailah dengan membuat ruang di rak buku, kemudian perhatikan bagaimana hidup Anda mencerminkan hal ini.

Anda juga dapat melihat area bagua tempat tumpukan buku. Jika ada kekacauan di area hubungan Anda, misalnya sudut paling kanan rumah atau kamar tidur ketika Anda berdiri di pintu masuk menghadap ke dalam, mungkin ada hambatan dalam hal percintaan, hubungan lain, atau mungkin hubungan dengan diri sendiri.

Baca juga: Feng Shui: 5 Lokasi Terbaik di Rumah untuk Menyimpan Koleksi Buku

Apakah tumpukan buku tidak bagus menurut feng shui?

Ada kesalahpahaman bahwa merapikan barang sama dengan feng shui. Namun, ada lebih banyak hal dalam feng shui daripada menyingkirkan barang-barang.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com