Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2021, 14:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah praktik Tiongkok berusia berabad-abad yang mendorong kedamaian dan keharmonisan di rumah. Efeknya feng shui paling signifikan ada di kamar tidur.

Sebagai tempat istirahat, Anda harus menghabiskan lebih dari delapan jam setiap malam. Untuk itu, kamar tidur harus diatur dan didekorasi senyaman dan sesantai mungkin.  

Baca juga: Panduan Menggunakan Air Purifier di Dalam Kamar Tidur

Feng shui membantu mencapai hal tersebut dengan memperhitungkan aliran energi atau Chi di sebuah ruangan. Keseimbangan yang tepat dapat mendorong tidur lebih nyenyak dan rasa sejahtera yang lebih baik secara keseluruhan.

Jika Anda ingin menggali lebih dalam prinsip feng shui, konsultan feng shui bersertifikat dapat membantu mengidentifikasi cara terbaik menumbuhkan aliran energi positif di rumah.

Namun, bila baru memulai, berikut beberapa tips menciptakan kamar tidur tenang dan nyaman menurut feng shui dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis (4/11/2021). 

Baca juga: 5 Tanaman Terbaik untuk Kamar Tidur Anak 

Atur tempat tidur dalam posisi perintah

Tempat tidur adalah furnitur terpenting di kamar tidur dan posisinya dapat memiliki dampak besar pada keseluruhan nuansa ruangan.

Menurut sistem feng shui, tempat terbaik untuk tempat tidur adalah posisi perintah yang mengacu pada lokasinya dalam kaitannya dengan pintu.

Saat berbaring di tempat tidur, idealnya Anda menghadap ke pintu tanpa sejajar langsung dengannya. Ini mencegah energi mengalir terlalu cepat keluar pintu.

Selain itu, memposisikan kepala tempat tidur menempel pada dinding yang kokoh, yang menawarkan perasaan dukungan dan perlindungan. 

Baca juga: 6 Ubah Kamar Tidur Jadi Lebih Cantik dengan Dana Terbatas 

Merapikan kamar tidur

Ilustrasi kamar tidur pria.UNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Ilustrasi kamar tidur pria.
Kamar tidur yang berantakan bisa membuat Anda merasa stres. Untuk memungkinkan Chi bersirkulasi dengan bebas di seluruh ruangan, gunakan metode organisasi yang menjaga kamar tidur tetap rapi dan bersih serta bersihkan barang-barang yang tidak diperlukan.

Berikan perhatian khusus pada arus lalu lintas ke dalam dan di sekitar kamar tidur. Pastikan jalurnya bebas dari rintangan apa pun.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak memasukkan semuanya ke bawah tempat tidur. Barang-barang yang disimpan di sana diperkirakan mempengaruhi alam bawah sadar Anda saat tidur.

Jadi, cara terbaik adalah menjaga area di bawah tempat tidur tetap bersih untuk memungkinkan aliran energi yang optimal. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Kamar Tidur Anak dari Tahapan Bayi hingga Dewasa 

Desain seimbang

Keseimbangan sangat penting dalam feng shui. Jadi, pertimbangkan simetri saat Anda memilih dan mengatur furnitur kamar tidur.

Pusatkan tempat tidur di dinding atau setidaknya pastikan ada ruang untuk masuk di kedua sisinya. Kemudian lengkapi ruangan dengan sepasang nightstand, lampu, bantal, dan barang-barang lainnya yang simetris untuk menciptakan tampilan harmonis. 

Baca juga: Simak, 8 Cara Membuat Kamar Tidur Bebas Debu

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com