Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2021, 09:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara paling cepat untuk memberi perubahan gaya pada sebuah ruangan adalah dengan menempatkan tanaman hias. Nuansa alam yang dibawa tanaman hias mampu memberikan kesegaran ke ruang manapun.

Ini termasuk ketika menempatkan tanaman hias di dapur, ruang kerja di rumah, ruang tamu, atau kamar mandi. Tempat sempurna untuk memamerkan tanaman hias adalah Anda tidak perlu berinvestasi dalam rak khusus, namun rak buku sederhana atau rak apung berfungsi dengan baik.

Selain mempercantik rak, tanaman hias mampu memurnikan udara, sehingga sifat tanaman dalam ruangan tidak hanya sebagai elemen dekorasi, namun juga memberikan manfaat kesehatan.

Baca juga: Ternyata, Ini 7 Manfaat Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Dilansir dari Homes to Love, Selasa (20/7/2021), berikut beberapa tips dan ide cara meletakkan tanaman hias di rak di ruangan Anda.

1. Tetap sederhana

Mulailah dengan pilihan tanaman hias dan pot yang ditata dengan baik di rak. Pertahankan warna dan gaya pot Anda tetap konsisten.

Pot terakota dan tanah liat alami yang bersahaja membuat tanaman menjadi pusat perhatian dan menghindari kekacauan visual.

Ilustrasi tanaman hias sebagai dekorasi pada rak. PEXELS/RACHEL CLAIRE Ilustrasi tanaman hias sebagai dekorasi pada rak.

2. Elemen dekorasi di kamar tidur

Tanaman hias menggantung di rak di atas tempat tidur mengubah kamar tidur menjadi seperti hutan urban. Untuk mendapatkan tampilan ini, pilih tanaman hias untuk kamar tidur dengan perpaduan kontras antara bentuk dan ukuran daun, besar dan kecil, tinggi dan rendah.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Berdaun Putih untuk Mempercantik Ruangan

Campurkan pot dengan bentuk dan ukuran yang berbeda di sepanjang rak dengan nada netral agar semuanya tetap menarik.

3. Berikan warna ke kamar anak

Tanaman palsu terkadang bekerja dengan baik di lingkungan, terutama di mana ada sedikit cahaya atau sedikit kesempatan untuk perawatan dan penyiraman secara teratur. Mendekorasi kamar anak bisa menyenangkan dan tidak harus berupa mainan dan balok berwarna cerah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com