Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Noda hingga Bau Kamar Mandi

Kompas.com - 11/12/2021, 14:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Dari semua ruangan di rumah, kamar mandi adalah ruangan yang paling sering kita gunakan. Karena itu kamar mandi menjadi cepat sekali kotor, seperti permukaan lantai yang berlumut, cermin yang mengembun dan toilet yang perlu disikat.

Membersihkan kamar mandi bukanlah hal yang menyenangkan, namun pekerjaan ini mungkin akan lebih mudah dan efisien dengan tips berikut.

Melansir dari Best Life, Sabtu (11/12/2021), beberapa jenis bahan alami yang kamu miliki di rumah dapat mengangkat noda dengan cepat. Berikut tips membersihkan kamar mandi secara menyeluruh dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Baca juga: 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih

Cuka untuk noda bandel

Menurut Brad Roberson dari Neighbourly Company, cuka yang dipanaskan dengan microwave dapat mengangkat noda dengan cepat.

Masukkan cuka yang sudah dipanaskan ke dalam botol spray, lalu spray kepermukaan kotor yang akan kamu bersihkan.

Jika bau cuka terlalu menyengat dan mengganggu, kamu bisa mencampurnya dengan 1 sendok sabun cuci piring cair.

Baca juga: 4 Tips Mendekorasi Kamar Mandi dengan Warna-warna Mencolok

Pemutih dan baking soda untuk jamur pada nat

Nat yang jarang dibersihkan biasanya menjadi tempat tumbuhnya jamur berwarna hitam. Untuk membersihkannya, kamu membutuhkan sikat cuci piring dan larutan pemutih.

Gunakan 6 cangkir air hangat dan seperempat cangkir pemutih lalu gunakan larutan ini untuk membersihkan area yang berjamur.

Namun jika jamur tak kunjung hilang, kamu bisa menggunakan pasta baking soda, oleskan ke permukaan nat yang berjamur lalu diamkan beberapa jam. Sikat dan bilas menyeluruh.

Baca juga: Cara Menghilangkan Residu Buih Sabun di Kamar Mandi

Baking soda untuk bau pipa air

Jika saluran air di kamar mandi mengeluarkan bau apek dan tak sedap, kamu bisa menggunakan campuran baking soda dan cuka.

Campuran keduanya dapat memecah lemak yang membeku di saluran air. Tuangkan 1 cangkir baking soda dan 2 cangkir cuka ke dalam saluran air, tunggu beberapa jam lalu siram dengan air panas.

Baca juga: 4 Warna Wastafel Kamar Mandi yang Bisa Jadi Pilihan

Lemon untuk membersihkan noda pada kran air

Jika ingin mencoba lemon untuk asam lambung, ingatlah untuk selalu melarutkan peraaan lemon dengan air untuk mengurangi keasamannya.PEXELS/JULIA ZOLOTOVA Jika ingin mencoba lemon untuk asam lambung, ingatlah untuk selalu melarutkan peraaan lemon dengan air untuk mengurangi keasamannya.

Biasanya noda bulir air akan menempel dan membekas di permukaan kran air berbahan tembaga ataupun stainless steel.

Noda ini sangat tidak sedap dipandang dan membuat kran air menjadi kusam. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan air lemon. Lemon akan mengangkat noda-noda dan juga memberikan aroma segar dikamar mandi.

Baca juga: Ragam Penutup Jendela Kamar Mandi agar Cantik dan Privasi Terjaga

Teh hitam untuk membersihkan cermin

Selain kran air, salah satu barang di kamar mandi yang seringkali memiliki noda air adalah cermin.

Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan teh hitam, siapkan secangkir air mendidih dengan beberapa kantong teh hitam. Setelah dingin, gunakan larutan ini untuk membersihkan noda di cermin. Asam tanat dalam teh akan melarutkan kotoran apa pun, membuat cermin bersih kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com