Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2021, 12:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Syngonium merupakan tanaman hias indoor yang biasanya digunakan untuk mempercantik ruangan. Ini adalah jenis tanaman yang merambat ke segala arah.

Varietas syngonium adalah tanaman yang mudah dirawat selama Anda ingat untuk menyiramnya. Mereka adalah tanaman hias yang toleran terhadap cahaya rendah dan akan tumbuh hampir di mana saja di rumah Anda.

Daunnya menampilkan berbagai macam warna dan pola, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kepribadian Anda.

Baca juga: 5 Pilihan Jenis Syngonium Cantik dan Menarik untuk Dikoleksi

Atribut paling indah dari tanaman hias yang mudah beradaptasi ini adalah dapat dilatih untuk tumbuh sesuai keinginan Anda! Cobalah untuk mengaitkan mereka di tiang, teralis, atau tembok.

Syngonium juga merupakan tanaman hias yang sempurna untuk orang-orang dengan sedikit atau tanpa pengalaman merawat tanaman.

Mereka dapat hidup lama tanpa pupuk, dan dapat ditempatkan di hampir semua ruang dengan sedikit cahaya.

Namun, bukan berarti tanaman ini tidak perlu diperhatikan atau dirawat. Melansir dari Planterina pada Sabtu (11/12/2021) berikut ini lima tips yang harus diperhatikan saat memelihara tanaman syngonium untuk pemula.

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Syngonium Tercantik yang Wajib Jadi Koleksi

Cahaya

Ilustrasi tanaman hias Syngonium atau arrowhead plant.SHUTTERSTOCK/MARY BERKASOVA Ilustrasi tanaman hias Syngonium atau arrowhead plant.

Meskipun tanaman ini sangat toleran terhadap cahaya rendah, mereka akan tumbuh lebih cepat dan mempertahankan warna serta motif daunnya jika ditempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Sebab, sinar matahari akan menghanguskan daunnya. Syngonium juga dapat ditanam di bawah sumber cahaya buatan jika ruangan Anda kekurangan cahaya.

Baca juga: Hama yang Sering Menyerang Tanaman Hias Syngonium dan Solusinya

Penyiraman

Biarkan tanaman dalam ruangan ini mengering sebagian di antara penyiraman. Jika dibiarkan kering terlalu lama, daun bagian bawah akan mengering dan berubah warna menjadi coklat. Jika ini terjadi, rendam tanah dan biarkan tanaman terhidrasi kembali.

Jika tanah tetap basah untuk waktu yang lama, daun akan mulai menguning atau coklat. Ketika tanaman terlalu banyak disiram, tanah menjadi tergenang air, mencegah oksigen mencapai akar.

Kondisi tanah yang seperti rawa ini merupakan kolam perkembangbiakan bakteri dan penyakit. Sehingga pastikan untuk tidak terlalu banyak menyiram tanaman ini.

Baca juga: Cara Merawat Syngonium, Tanaman Hias Daun yang Cantik

Suhu

Tanaman syngonium jenis Arrowhead Vines akan tumbuh di sebagian besar suhu rumah tangga mulai dari 60-80 derajat Fahrenheit.

Mereka tidak suka suhu turun di bawah 50?. Jauhkan mereka dari angin selama bulan-bulan musim hujan.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berdaun Hitam yang Unik dan Eksotis

Kelembapan

Ilustrasi tanaman hias Syngonium Pink Perfection. SHUTTERSTOCK/RANI RESTU IRIANTI Ilustrasi tanaman hias Syngonium Pink Perfection.

Kelembaban rumah tangga rata-rata 40-50% cukup untuk tanaman dalam ruangan ini, tetapi sebagian besar tanaman hias mendapat manfaat dari kelembaban lebih dari 60% jika Anda bisa menyediakannya.

Pupuk

Tanaman merambat ini harus dibuahi selama musim tanam dengan kekuatan pupuk cair lengkap dua kali sebulan. Atau gunakan pupuk slow release atau top dress dengan coran cacing atau kompos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com