Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Hias Indoor Penting di Apartemen, Ini Sebabnya

Kompas.com - 10/12/2021, 10:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apartemen menjadi tempat tinggal yang kini banyak dipilih oleh beberapa orang. Alasannya, mulai dari lebih dekat dengan pusat kota hingga memang pilihan yang tidak dapat terhindari.

Seperti yang dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Jumat (10/12/2021), sementara tinggal di apartemen telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, ada kemungkinan hal itu berdampak negatif pada kesejahteraan penghuninya.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di The Conversation, menjauh dari alam ke lingkungan perkotaan telah dikaitkan dengan peningkatan pesat penyakit kronis.

 

Baca juga: 8 Jenis Burung yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan, tanaman hias indoor.UNSPLASH/BRINA BLUM Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan, tanaman hias indoor.

"Di masa lalu anak-anak tumbuh dengan berlari di tanah kosong dan rumput, menjelajahi pertanian dan kebun di halaman belakang," tulis Danica-Lea Larcombe, kandidat PhD dalam bidang Keanekaragaman Hayati dan Kesehatan Manusia, Edith Cowan University. 

Ia juga menjelaskan, tingkat oksigen di dalam apartemen yang tinggi lebih kecil, sehingga meletakkan beberapa jenis tanaman hias dapat bermanfaat.

Bahkan, ada beragam manfaat tanaman, mulai dari menghilangkan karbon dioksida dan bahan kimia lainnya dari udara dan melepaskan oksigen. 

Selain itu, Fraser Torpy, direktur University of Technology Sydney Plants and Indoor Environmental Quality Research Group mengatakan kepada ABC, "Tanaman berukuran sedang jenis apa pun di atas sekitar 20cm di sebuah ruangan akan membuat pengurangan bahan kimia yang sangat besar."

Baca juga: Jenis Tanaman dan Tips Berkebun di Apartemen untuk Pemula

Lantas, jenis tanaman hias indoor apa saja yang cocok diletakkan di sebuah apartemen? Berikut beberapa jenis tanamannya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com