Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Pencahayaan untuk Mencerahkan Setiap Ruang di Apartemen

Kompas.com - 05/11/2021, 08:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal di apartemen sering kali memiliki masalah yang unik, dari ruang yang terbatas, sedikit cahaya alami, hingga plafon yang rendah.

Semua masalah itu bukan berarti tidak bisa diatasi. Misalnya, kurangnya pencahayaan alami bisa diperbaiki dengan pencahayaan pintar. 

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Jenis Pencahayaan untuk Kamar Mandi

Pencahayaan yang tepat dapat mengatur suasana di hunian dengan baik, memberi kenyamanan, terutama pada bulan-bulan yang lebih dingin, serta meningkatkan fungsionalitas ruangan yang lebih berorientasi tugas seperti dapur dan kamar mandi. 

Jadi, jika merasa apartemen Anda memerlukan perbaikan pencahayaan, berikut lima ide pencahayaan untuk mencerahkan setiap ruang di apartemen Anda dikutip dari My Domaine, Jumat (5/11/2021). 

Baca juga: 7 Pilihan Pencahayaan Terbaik untuk Kamar Tidur 

Pasang pencahayaan tugas di dapur

Apakah dapur apartemen Anda hanya memiliki pencahayaan di atas kepala? Cobalah bentuk menambahkan pencahayaan atau lampu dinding tugas plug-in.

Lampu dinding tugas tidak hanya membuat ruang terasa berlapis dan chic, tetapi juga menciptakan suasana yang lebih ceria yang membuat memasak lebih menyenangkan serta membantu memberikan penerangan saat melakukan tugas-tugas kecil. 

Saat mempertimbangkan pencahayaan tugas, beberapa ide yang efisien seperti memasang pencahayaan di lemari dan rak, laci, juga meja dapur. 

Beberapa ahli berpendapat bahwa perencanaan pencahayaan tugas sebelum menambahkan pencahayaan aksen untuk menambah daya tarik visual. 

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Pencahayaan Alami pada Kamar Mandi Tanpa Jendela 

Pasang lampu liontin rendah di kamar mandi

Sebagian besar apartemen memiliki pencahayaan kepala atau overhead di kamar mandi, tetapi kurang ideal untuk bersiap-siap di pagi hari, terutama jika ruangannya minim cahaya alami.

Untuk membuat pencahayaan kamar mandi lebih dimensional, lampu sconce yang mengapit cermin rias. Atau bila mencari solusi yang lebih hemat-ruang, coba gantung lampu liontin dengan ketinggian rendah di plafon kamar mandi. 

Baca juga: 7 Tips Pencahayaan yang Baik di Rumah Menurut Feng Shui

 

Tambahkan berbagai sumber cahaya

Ruang keluarga selalu paling baik ditata ketika menampilkan berbagai sumber pencahayaan yang tersebar dalam pola segitiga di sekitar ruangan dan pada ketinggian berbeda.

Gunakan berbagai lampu lantai, lampu meja, dan perlengkapan langit-langit untuk membuat ruang tamu terasa sangat nyaman serta moody

Bisa pula menggantung lampu gantung dekoratif yang membuat pernyataan di ruang tamu serta lampu lantai ramping yang pas di sudut kosong dan sudut baca. 

Baca juga: 7 Tips Pencahayaan Ruang Keluarga yang Menyeluruh dan Sempurna

Sembunyikan lampu di rak buku

Jika kekurangan ruang, sembunyikan lampu yang lebih kecil di rak buku. Ini akan menambah dimensi pada pencahayaan Anda tanpa menyalip permukaan seperti credenza atau meja samping.

Pilih lampu yang sedikit pahatan dan menarik sehingga akan terlihat persis di tempatnya di rak buku.  

Baca juga: 7 Ide Pencahayaan Ruang Keluarga yang Sempurna dan Cerah

Ganti lampu meja samping tempat tidur dengan lampu sconce

Ganti lampu samping tempat tidur dengan lampu sconce untuk menghemat ruang meja nakas. Jika memiliki cukup ruang, gantung di luar bingkai tempat tidur, tetapi juga dapat digantung langsung di atas tempat tidur. 

Lampu sconce plug-in dapat melakukan keajaiban untuk meningkatkan kamar tidur selain memberi penerangan yang menenangkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com