Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menciptakan Rumah Eco-Friendly yang Murah dan Estetik

Kompas.com - 04/11/2021, 21:30 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Setiap rumah seharusnya dibangun dari bahan yang berkelanjutan dan dilengkapi dengan fitur ramah lingkungan seperti panel surya, jendela berlapis ganda, dan peralatan hemat energi.

Tetapi, jika Anda tidak memiliki kemampuan atau anggaran untuk membuat perubahan besar pada rumah atau apartemen sewaan Anda, kabar baiknya adalah Anda dapat membuat ruang sedikit lebih hijau dengan membuat pilihan yang bijaksana dan lebih sadar tentang desain interior dan dekorasi.

Melansir dari The Spurce pada Kamis (04/11/2021) berikut ini 5 tips menciptakan rumah yang eco-friendly tanpa perubahan yang berlebihan.

Baca juga: Kesadaran Masyarakat Memiliki Rumah Ramah Lingkungan Makin Tinggi

Pilih sprei berbahan linen

Terbuat dari serat rami tanpa limbah, bahan baku yang dapat didaur ulang, linen murni 100% secara alami mengatur suhu untuk membuatnya nyaman di semua musim.

“Bahan seperti linen menjadi lebih lembut dari waktu ke waktu, ternyata tahan lama, dan secara alami hipoalergenik,” kata desainer bantal, Lauren Meichtry dari Elsie Home.

Baca juga: 3 Tips Menciptakan Dapur Zero Waste dan Ramah Lingkungan

Gunakan cat VOC rendah atau nol

Mikroplastik yang ditemukan dalam cat tradisional mencemari lautan dan memiliki efek negatif pada kualitas udara dalam ruangan yang dapat berdampak pada kesehatan manusia.

Desainer interior Rebecca Hay dari Rebecca Hay Designs menyarankan untuk menggunakan cat yang berkelanjutan. “Selalu periksa kandungan VOC pada label cat,” katanya.

“Semakin rendah angkanya, semakin baik. Bahan-bahan seperti resin vinil, pewarna sintetis, petrokimia yang berasal dari minyak, akrilik, formaldehida, dan amonia semuanya dapat berkontribusi pada masalah kesehatan" ujarnya.

Baca juga: 5 Cara Membuat Dapur Lebih Ramah Lingkungan

Hiasi dengan tanaman

Tanaman membuat ruangan terasa sebagus kelihatannya. Pastikan untuk melakukan penelitian tentang tanaman indoor terbaik yang memengaruhi kualitas udara di rumah Anda dan yang dapat bersumber secara berkelanjutan.

Dekor rumah dengan tanaman kering dan diawetkan

Generasi baru seperti desainer interior dan dekorator rumah yang sadar lingkungan lebih memilih untuk mendekorasi rumah dengan tanaman dan bunga-bunga kering.

Sebab, mendekorasi ruangan dengan bunga segar tak hanya tidak tahan lama namun juga mengurangi keindahan lingkungan.

Baca juga: Cara Ramah Lingkungan untuk Membuang Minyak Goreng

Maksimalkan cahaya alami

Memaksimalkan cahaya alami akan menciptakan rasa nyaman di ruang Anda sekaligus mengurangi konsumsi energi.

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan jumlah cahaya alami di ruang Anda adalah dengan mendekorasi dengan cermin, idealnya diposisikan di seberang jendela atau di dinding yang berdekatan untuk memperkuat cahaya alami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com