Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesadaran Masyarakat Memiliki Rumah Ramah Lingkungan Makin Tinggi

Kompas.com - 05/10/2021, 15:24 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren hunian dengan fitur ramah lingkungan merupakan sebuah wacana yang sudah cukup lama digaungkan.

Namun, baru sekarang sejumlah masyarakat di Tanah Air semakin sadar dan berkeinginan memiliki hunian dengan fitur ramah lingkungan. 

Baca juga: 5 Ide Proyek Renovasi Rumah yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual

Hal itu disampaikan Marine Novita, Country Manager Rumah.com, dalam webminar bertajuk "Tren Hunian Pasca Pandemi Perubahan Perilaku Pencari Hunian dan Adaptasi Perilaku Industri" pada Selasa (5/10/2021).

Berdasarkan data Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2021, Marine mengatakan  kesadaran masyarakat Indonesia akan hunian dengan fitur ramah lingkungan sangat tinggi pada sekarang ini.

Dalam sebuah survei yang diikuti lebih dari 1,000 responden, mayoritas peserta menginginkan rumah dengan fitur ramah lingkungan. 

Baca juga: Tips Menciptakan Rumah Bergaya Tropis

"Jadi, ada 91 persen dari responden kami menginginkan hunian yang mempunyai fitur ramah lingkungan," ungkap Marine.

Fitur ramah lingkungan yang paling utama diinginkan, kata Marine, adalah rumah yang bisa menghemat biaya listrik.

Ada sekitar 48 persen responsen menginginkan rumah dengan fitur yang dapat mengurangi penggunaan listrik. 

Baca juga: 8 Cara Wujudkan Rumah Ramah Lingkungan

Selanjutnya, rumah dengan lokasi yang mudah dijangkau transportasi publik. Sebanyak 40 persen responden merasa senang bisa bepergian keluar rumah tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Dengan demikian, dapat mengurangi pulusi udara dan kebisingan dari penggunaan kendaraan pribadi. 

Setelah itu, responden menginginkan rumah yang dilengkapi dengan proses pengolahan sampah organik dan anorganik, sebanyak 3 persen responden. 

Baca juga: 7 Tips Membuat Rumah jadi Semakin Ramah Lingkungan

Terkait data ini, Marine mengaku bahwa tidak ada lagi alasan untuk menganggap hunian ramah lingkungan hanyalah angan belaka.

Dia berharap agar para pengembang atau developer bisa segera membangun atau membuat suatu project terkait dengan rumah ramah lingkungan.

"Ramah lingkungan bukan sekadar slogan atau wacana saat ini. Konsumen sudah menganggap hal ini penting, menganggap ini adalah sesuatu yang mempunyai manfaat nyata bagi kehidupan mereka sehari-hari," kata Marine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com