Kompas.com - 05/10/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi renovasi rumah. FREEPIK/RAWPIXEL.COMIlustrasi renovasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang kita ditinggali bukan hanya sekadar sebuah hunian. Rumah juga menjadi tempat bersantai, bekerja, bermain, beristirahat, dan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang dicintai.

Untuk itu, setiap perombakan atau renovasi rumah yang dilakukan harus memperhitungkan bagaimana Anda tinggal dan menggunakan ruang. 

Baca juga: 5 Fasilitas Luar Ruangan yang Dapat Menambah Nilai Jual Rumah

Sayangnya, ketika merenovasi rumah, ada hal yang tidak dipikirkan banyak penghuni rumah, yakni meningkatkan nilai jual rumah. 

Ide renovasi rumah yang dapat menambahkan nilai jual rumah dibagi menjadi tiga kategori, yaitu perbaikan dan pemeliharaan dasar, peningkatan daya tarik trotoar, serta ruang dan fungsionalitas bernilai tambah.

Melansir dari Bobvila, Selasa (5/10/2021), berikut ini beberapa ide proyek renovasi rumah yang dapat meningkatkan nilai jual.  

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dek halaman belakang

Dalam cuaca hangat, dek halaman belakang berfungsi sebagai ruang terbuka dan menjadi fitur yang dapat meningkatkan nilai jual rumah Anda. Ini adalah area yang menarik bagi pembeli.

Dek kayu lebih murah untuk dipasang, tetapi jika memilih bahan komposit seperti Trex, EverGrain, atau TimberTech, Anda akan menghemat waktu dalam pemeliharaan. 

Baca juga: 5 Manfaat Menerapkan Dek di Taman Rumah 

Renovasi Dapur

Dapur yang cantik dapat meningkatkan nilai jual rumah. Karena dapur modern dan fungsional adalah prioritas utama bagi pembeli rumah, pastikan renovasi yang dilakukan berfokus pada komponen yang menyenangkan seperti penyimpanan strategis, lemari baru, peralatan canggih, serta meja dapur yang tahan lama dan mudah dibersihkan. 

Jika tidak mampu merenovasi secara besar, merenovasi dapur kecil akan membantu meningkatkan nilai rumah Anda. 

Baca juga: 6 Trik Menata Dapur Kecil Tetap Rapi dan Teratur

Penambahan kamar mandi

Memiliki terlalu sedikit kamar mandi di rumah dapat menimbulkan masalah, terlenbih pada jam-jam sibuk seperti pagi hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bobvila
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.