Kompas.com - 02/12/2020, 09:58 WIB
Ilustrasi interior rumah shutterstockIlustrasi interior rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua orang tengah menghadapi krisis iklim yang mengkhawatirkan, dan salah satu cara untuk menyelamatkan bumi dan melawan perubahan iklim adalah membuat tempat tinggalmu menjadi ramah lingkungan, semuanya dimulai dari sini.

Untuk membuat rumahmu ramah lingkungan, terlihat lebih hijau, dan segar, kamu perlu melakukan perubahan kecil di rumahmu yang dapat berdampak besar pada bumi dan mungkin kondisi kehidupanmu serta keluarga.

Perubahan ini ramah anggaran, tidak membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Saat kamu mengambil jalan untuk menjadi lebih sadar lingkungan, ini tidak hanya membantu dalam membuat dampak yang lebih hijau tetapi juga menghemat banyak uang.

Baca juga: 5 Cara Menghemat Energi di Rumah

Dilansir dari Pink Villa, Rabu, (2/12/2020), mari ketahui langkah sederhana untuk mengubah rumahmu menjadi tempat tinggal yang ramah lingkungan seperti 8 cara di bawah ini.

1. Dapatkan lampu hemat energi

Berinvestasi pada bola lampu yang tepat adalah langkah pertama untuk menghemat energi dan menjadi ramah lingkungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Singkirkan lampu pijar yang lebih tua dan mulai gunakan lampu Compact Fluorescent Lamp (CFL) yang efisien serta menjadi alternatif yang lebih baik untuk menghemat energi dan membantu mengurangi emisi karbon.

2. Gunakan sisa makanan jadi kompos

Daripada membuang sisa makanan ke tempat sampah, kamu bisa mengubahnya menjadi kompos.
Kamu bisa mendapatkan pot dan mengisinya dengan tanah untuk mendaur ulang sisa makanan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Pupuk Organik untuk Tanaman

3. Pasang panel surya

Energi terbarukan adalah gelombang baru untuk memerangi perubahan iklim. Banyak orang turun ke pemasangan panel surya untuk rumah ramah lingkungan.

Cara ini memberimu listrik yang bersih dan konstan dan terkadang lebih dari yang dibutuhkan. Kelebihan energi ini juga bisa kamu jual. Panel surya adalah investasi jangka panjang yang sepenuhnya ramah lingkungan.

Ilustrasi energi dari panel surya bersumber dari cahaya matahari.SHUTTERSTOCK Ilustrasi energi dari panel surya bersumber dari cahaya matahari.

Halaman:


Sumber Pink Villa
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X