Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendapat Pencahayaan untuk Ruang Kerja di Rumah

Kompas.com - 13/06/2021, 13:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat bekerja, baik di kantor maupun dari rumah atau work from home (WFH), kualitas pencahayaan di ruang kerja dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Sebaliknya, pencahayaan yang buruk dapat mengurangi semangat, menurunkan suasana hati, menghasilkan kelelahan mata dan sakit kepala, dan pada akhirnya mengganggu konsentrasi bekerja secara efektif. 

Baca juga: Tips Memilih Pencahayaan untuk Setiap Ruangan di Rumah

Dilansir dari The Spruce, Minggu (13/6/2021), jika tidak memiliki banyak pencahayaan alami di ruang kerja, lampu buatan dapat menjadi salah satu solusi untuk pencahayaan saat bekerja.

Banyak ruang kerja di rumah memiliki pencahayaan dari area sekitar yang mencakup lampu di atas kepala atau lampu tersembunyi. Namun, salah jika berpikir bahwa hal itu saja sudah cukup.

Nah, berikut ini lima tips mendapat pencahayaan untuk ruang kerja di rumah. 

Baca juga: Pentingnya Pencahayaan Saat Meletakkan Tanaman Hias di Rumah

Hindari letakkan lampu dengan jarak dekat 

Hindari bekerja di bawah sinar atau silau dari cahaya lampu di atas kepala karena dapat mengganggu konsentrasi dan fokus bekerja. 

Sebagai solusi, gunakan kap lampu. Kap lampu dapat melembutkan dan menyebarkan cahaya yang terang, sementara lampu lantai yang bersinar ke atas memantulkan cahaya dari dinding dan langit-langit. 

Baca juga: Cara untuk Menciptakan Pencahayaan Berkelanjutan di Rumah

Kap lampu berfungsi menerangi seluruh ruang tanpa menciptakan silau dan kontras yang tidak semestinya sambil menghindari bayangan

Buat pencahayaan utama 

Untuk pekerjaan memakai komputer atau laptop serta memeriksa dokumen dan tugas fokus lainnya, pilih sumber cahaya yang terdefinisi dengan baik. 

Baca juga: Tips Meningkatkan Pencahayaan di Dalam Rumah

Lampu meja yang dapat disesuaikan dapat menempatkan cahaya tepat di tempat yang Anda butuhkan dan mendukung berbagai kegiatan yang sedang dilakukan. 

Menghilangkan silau dan bayangan 

Selalu pertimbangkan dari mana cahaya berasal. Misalnya, sumber cahaya yang diletakkan di belakang Anda saat bekerja di depan komputer pasti akan menciptakan silau yang mengganggu pada monitor.

Selain itu, perhatikan bayangan yang ditimbulkan lampu untuk penerangan utama. Misalnya, jika Anda menulis dengan tangan kanan, tangan dan lengan dapat membuat bayangan bila lampu ditempatkan di sebelah kanan. 

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Pencahayaan Penting di Dalam Rumah

Jangan lupa mempertimbangkan lokasi jendela saat mengatur ruang kerja. 

Memanfaatkan cahaya alami 

Jangan abaikan manfaat dari cahaya alami yang datang dari jendela, skylight, atau lainnya. Sinar matahari dapat menghasilkan pencahayaan hangat yang meningkatkan lingkungan kerja.

Di sisi lain, Anda mungkin perlu memperhitungkan sinar matahari langsung yang menciptakan silau luar biasa selama waktu-waktu tertentu dalam sehari. 

Baca juga: Kesalahan Memilih dan Meletakkan Pencahayaan di Kamar Tidur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com