Kompas.com - 13/06/2021, 12:40 WIB
Ilustrasi mencuci piring, wastafel dapur. SHUTTERSTOCK/SUKIYAKIIlustrasi mencuci piring, wastafel dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesibukan sering kali membuat orang lupa dan tak memiliki waktu untuk membersihkan benda-benda di rumah, khususnya peralatan dapur

Padahal, membersihkan peralatan dapur sangat penting. Bahkan, ada beberapa benda dapur yang harus dibersihkan setiap hari karena memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. 

Baca juga: Benarkah Baby Oil Dapat Bikin Peralatan Dapur Berkilau?

Nah, bila tidak ingin mengalami masalah kesehatan, berikut ini lima peralatan dapur yang harus dibersihkan setiap hari dilansir dari laman Home and Decor, Minggu, (13/6/2021).

Piring kotor

Associate Professor Barbara Mullan dari Fakultas Psikologi Universitas Curtin, Australia, mengatakan bakteri akan tetap hidup di permukaan piring kotor, bahkan permukaan yang bersih, hingga empat hari.

Baca juga: Tepung Terigu Juga Bisa untuk Membersihkan Peralatan Dapur, Caranya? 

Jadi, pada ikan yang memiliki kontaminasi seperti partikel makanan, bakteri dapat bertahan hidup untuk waktu sangat lama. Satu-satunya solusi adalah mencuci piring kotor sehabis makan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wastafel 

Kelly A. Reynolds, ahli mikrobiologi lingkungan di Universitas Kesehatan Masyarakat Zukerman College di Tucson, Amerika Serikat, mengatakan, "Ada jutaan patogen (kuman penyebab penyakit) yang menempel di wastafel dan saluran pembuangan.

Baca juga: Hati-hati, Bakteri Menempel di Peralatan Dapur 

Untuk itu, jangan lupa membersihkan wastafel dan bak cuci piring setiap kali selesai mencuci piring.

Microwave

Ada sebuah mitos menyebut bahwa microwave dapat membunuh semua bakteri di dalamnya saat diguanakan. Padahal, hal itu tidak benar.

"Bakteri dapat menjadi kuat dan menumpuk jika Anda tidak mendisinfeksi permukaan secara teratur," kata Dr Reynolds.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Dapur Terbaik 

Pastikan membersihkan microwave setiap hari atau setiap kali dipakai dan bersihkan ketika tumpahan terjadi untuk menghentikan mikroba berkembang biak.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X