Kompas.com - 13/06/2021, 10:15 WIB
Ilustrasi kotak pasir kucing, anak kucing buang air di kotak pasir. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi kotak pasir kucing, anak kucing buang air di kotak pasir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa kucing luar rumah, bahkan kucing peliharaan Anda, ada yang belum terbiasa menggunakan kotak pasir mereka untuk membuang kotoran.

Akibatnya, kucing membuang kotoran di sekitar rumah, salah satunya di halaman

Baca juga: Panduan Mengetahui Perbandingan Umur Kucing dan Manusia

Kotoran kucing memiliki bau menyengat dan berbahaya bagi kesehatan. Jika tidak dibersihkan dengan benar, akan meninggalkan bau yang bertahan lama.

Namun, jangan khawatir, dilansir dari Martha Stewart, Minggu (13/6/2021), ada beragam bahan-bahan dapur yang mampu menghilangkan bau kotoran kucing. Apa saja? Simak di bawah ini. 

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Umurnya Paling Pendek, Persia hingga Sphynx

Siapkan botol semprot berisi cuka dan air 

Cara menghilangkan bau kotoran kucing yang menyengat, Anda dapat menggunakan cuka. Namun, sebelum membersihkannya, Anda harus mengangkat kotoran terlebih dulu menggunakan plastik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, semprotkan satu cangkir cuka dan air di area yang terkena kotoran kucing. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan menggunakan air bersih.  

Baca juga: Beragam Alasan Induk Kucing Sering Memindahkan Anaknya yang Baru Lahir

Taburkan dengan baking soda 

Cara lainnya menghilangkan bau kotoran kucing adalah menaburkan baking soda atau soda kue di area yang terdapat kotoran kucing.

Diamkan selama semalaman, lalu pada pagi hari bersihkan dengan air mengalir. Baking soda adalah penyerap bau alami. 

Gunakan arang 

Sama dengan baking soda, arang aktif dapat menyerap bau kotoran hewan peliharaan. Letakkan arang di area yang terkena kotoran kucing, yang sudah disiram air terlebih dulu. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda dan Bau Kotoran Hewan Peliharaan di Lantai

Arang akan membantu mencegah penyebaran bau yang disebabkan oleh kotoran kucing tersebut. 

Cuci kotak kotoran dengan cuka 

Jika kucing membuang kotoran di kotak kotorannya, tapi masih meninggalkan bau yang menyebar ke mana-mana, Anda dapat mencuci kotak kotoran setiap satu atau dua minggu sekali.

Cuci kotak kotoran kucing menggunakan campuran cuka serta air. Hal ini membantu meminimalkan bau dari kotak pasir kucing. 

Baca juga: Awas, Kucing Bisa Tidur di Kotak Pasir Kotoran, Ini 3 Penyebabnya

Bubuk kopi 

Sama dengan baking soda dan cuka, bubuk kopi juga bisa menghilangkan bau kotoran kucing. Anda dapat menggunakannya di area yang terdapat kotoran kucing, yang sudah disiram dengan bersih.

Selanjutnya, taburkan bubuk kopi dengan jumlah banyak sehingga dapat menutupi baunya dan diamkan hingga baunya menghilang. Setelah itu, bersihkan bubuk kopi tersebut.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X