Kompas.com - 13/06/2021, 10:58 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan, tanaman hias indoor. UNSPLASH/ANNIE SPRATTIlustrasi tanaman hias di dalam ruangan, tanaman hias indoor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias memiliki beragam manfaat. Mulai dari, mempercantik ruangan, memurnikan udara di dalam ruangan, hingga meningkatkan suasana hati seseorang.

Ada beberapa tanaman hias yang bisa diletakkan di dalam ruangan di rumah. Namun, bagaimana jika memiliki ruangan terbatas, apakah masih bisa meletakkan tanaman hias di dalam rumah? 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Bunga Tahan Panas Matahari yang Cocok Ditanam di Pot

Dilansir dari Apartement Therapy, Minggu (13/6/2021), ada banyak tanaman hias yang memiliki ukuran kecil dan membutuhkan perawatan minimal.

Bahkan, beberapa di antaranya akan baik-baik saja meski diletakkan di sudut gelap ruangan. Berikut ini beberapa tanaman mini yang dapat diletakkan di ruangan terbatas. 

Baca juga: Cara Membuat Perangkap Ulat dan Keper untuk Tanaman Bawang Merah

Tanaman ZZ 

Zamioculcas zamiifolia atau lebih dikenal sebagai tanaman ZZ adalah salah satu tanaman rumah yang paling dicari. Hal ini karena tanaman ZZ dikenal memiliki daya tahan kuat, kecuali Anda menyiramnya terlalu berlebih yang menyebabkan tanaman mati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanaman ZZ adalah tanaman tahunan tropis dari Afrika bagian timur. Ada beberapa varietas di pasaran akhir-akhir ini, dari tanaman dengan dedaunan hitam pekat (Gagak) hingga daun keriting (Zenzi). 

Baca juga: Simak, 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Memberikan Micin ke Tanaman

Varietas yang cocok diletakkan di ruang terbatas adalah  Zamicro. Tinggi tanaman ini akan tetap di bawah 60 sentimeter untuk seluruh umurnya sehingga cocok sebagai pilihan tepat di ruang terbatas. 

Selain itu, tanaman ZZ tidak membutuhkan banyak cahaya untuk berfotosintesis. Jadi, ini adalah tanaman sempurna untuk ruangan kecil yang tidak memiliki banyak cahaya.

Siram tanaman hanya saat tanah kering karena menyiram terlalu sering dapat menyebabkan busuk akar. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Bunga yang Aman untuk Penderita Alergi

Haworthia 

Ilustrasi tanaman hias Haworthia Zebra. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi tanaman hias Haworthia Zebra.
Berasal dari Afrika Selatan, Haworthia adalah sukulen yang tumbuh lambat dan padat secara alami. Tampilan inilah yang membedakannya dari spesies sukulen lainnya.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X