Kompas.com - 13/06/2021, 11:52 WIB
Ilustrasi ikan cupang. PIXABAY/RETHINKTWICEIlustrasi ikan cupang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang terkenal memiliki warna yang cantik dan menarik sehingga banyak orang memeliharannya sebagai hewan peliharaan. Semakin cantik atau pekat warnanya, semakin ikan cupang diminati.

Akan tetapi, seperti dilansir dari Lovetoknow, Minggu (13/6/2021), pemelihara ikan yang cerdas harus mengetahui untuk mewaspadai ikan cupang yang kehilangan warnanya. 

Baca juga: Cerahkan Warna Ikan Cupang dengan Makanan Ini

Misalnya, cupang splendens atau Siamese Fighting Fish dikenal dengan berbagai macam warna, dari putih hingga kuning. Jika mereka memiliki warna kuning pucat atau kusam, itu adalah tanda jelas dari penyakit atau stres.

Ikan cupang yang memiliki warna memudar akan menunjukkan beberapa perubahan di tubuhnya seperti area kemerahan di berbagai bagian tubuh, warna abu-abu kekuning-kuningan pada tubuh, dan area pucat di kepala. 

Warna ikan cupang yang memudar disebabkan sejumlah faktor. Nah, berikut ini sederet penyebab warna ikan cupang memudar. 

Baca juga: Ingin Ikan Cupang Hidup Lebih Lama? Ini Cara Memperpanjang Usianya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyakit kandung kemih renang 

Ini adalah penyakit ikan umum yang bisa menyebabkan warna ikan cupang memudar. Kandung kemih renang menyebabkan infeksi bakteri dan penting untuk menambahkan antibiotik. 

Jamur 

Setiap pertumbuhan putih pada tubuh cupang disebabkan jamur. Jamur ini akhirnya yang menyebabkan warna ikan cupang memudar pada sisiknya.  

Baca juga: Cara Mengatasi Perut Kembung pada Ikan Cupang

Penyakit lendir 

Penyebab warna ikan cupang memudar selanutnya adalah penyakit lendir. Jika Anda melihat ada warna abu-abu pada tubuh atau sirip ikan, parasit Costia mungkin menjadi penyebabnya.

Untuk mencegahnya, penting mengganti air ikan cupang secara teratur.  

Stres 

Salah satu penyebab paling umum ikan cupang kehilangan warna adalah stres. Cupang tidak sekuat yang dipikirkan beberapa orang. Ikan cupang membutuhkan air yang banyak dan sering dibersihkan agar memiliki kesehatan yang baik. 

Baca juga: Tips Menciptakan Lingkungan Hidup untuk Ikan Cupang agar Panjang Umur

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Lovetoknow
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X