Kompas.com - 03/03/2021, 13:20 WIB
Ilustrasi ruang tamu minimalis. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOWIlustrasi ruang tamu minimalis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan memainkan peran yang sangat penting dalam dekorasi rumah. Menggunakannya dengan baik dapat membantu Anda menghadirkan kehangatan ke area gelap.

Bahkan hal ini dapat membuat rumah terkesan lebih besar karena cahaya didistribusikan ke seluruh area yang gelap.

Dilansir dari Decortips, Rabu (3/3/21) kesan luas tentunya akan ada di rumah atau apartemen yang besar. Namun, sebenarnya dengan memanfaatkan pencahayaan yang benar.

 

Baca juga: Kesalahan Memilih dan Meletakkan Pencahayaan di Kamar Tidur

Dalam pencahayaan dibagi menjadi beberapa bagian, sebagai berikut:

Pencahayaan umum: ini adalah sumber cahaya utama di rumah. Penting untuk memiliki jumlah yang baik dari jenis pencahayaan ini di rumah Anda.

Pencahayaan tugas: seperti namanya, ini adalah jenis cahaya yang Anda gunakan untuk hal-hal tertentu, seperti membaca atau menulis. Tempat umum untuk pencahayaan ini adalah meja, nightstand, dll.

Pencahayaan aksen: ini sebagian besar merupakan jenis pencahayaan dekoratif. Anda menggunakannya untuk menonjolkan hal-hal seperti furnitur, lukisan, atau tanaman.

Baca juga: Ingin Pencahayaan Romantis di Kamar Tidur? Intip Tipsnya

Memperkuat

Pencahayaan yang baik memiliki efek "memperkuat", sedangkan area gelap dan teduh membuat ruang terasa lebih kecil. Pencahayaan yang baik bisa menyoroti atau mengalihkan perhatian dari dekorasi lain, tetapi tujuannya adalah untuk membuat lingkungan lebih menyenangkan.

Warna netral dan pastel juga akan membuat rumah Anda lebih cerah. Rona putih juga tidak harus membosankan, dan dapat membantu Anda membuat ruangan lebih cerah.

Plus, gaya Nordik, yang sangat populer saat ini, sangat mengandalkan corak putih. Sebaliknya, warna gelap akan membuat ruangan terasa lebih kecil. Sebaiknya tidak menggunakannya.

Kedalaman

Pencahayaan juga dapat memberikan kesan kedalaman pada ruangan di rumah Anda. Tetapi Anda harus mendistribusikan objek, furnitur, dan sumber cahaya dengan benar agar ini berfungsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Decortips
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X