Kompas.com - 22/10/2021, 22:30 WIB
Untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, penting untuk mempertimbangkan menyimpan bumbu-bumbu masakan tersebut di dalam wadah-wadah yang tersusun rapi. UNSPLASH/HEATHER MCKEANUntuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, penting untuk mempertimbangkan menyimpan bumbu-bumbu masakan tersebut di dalam wadah-wadah yang tersusun rapi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi banyak orang yang menyukai membuat berbagai hidangan kue di rumah sendiri, mereka akan menyimpan berbagai bahannya di dalam dapur.

Biasanya, untuk menyimpan beberapa bahan untuk membuat kue seperti tepung, gula, dan baking soda, sebagian orang tetap menggunakan wadah aslinya dan sebagiannya lagi meletakkannya di dalam stoples.

Namun, cara mana yang paling baik dalam penyimpanan bahan ini?

Melansir dari Martha Stewart, Jumat (22/10/2021), ada beberapa panduan menyimpan bahan-bahan kue agar tahan lama seperti berikut ini.  

Baca juga: Cara Membersihkan Meja Dapur, Pakai Cuka dan Soda Kue 

Tepung

Simpan tepung serbaguna dalam wadah kedap udara pada suhu kamar. Setelah Anda membuka kemasannya, tidak cukup hanya dengan melipat bagian atasnya untuk mengamankannya.

Sebab, dengan hanya melipat bagian atasnya, tidak akan bisa menghindari hama dapur yang akan datang dan memasuki kantong tepung tersebut. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tepung lainnya, termasuk tepung gandum utuh dan banyak tepung gandum alternatif, kurang stabil dibanding tepung serbaguna. 

Baca juga: Tips Mengatur Dapur Kecil agar Tetap Rapi

Minyak dalam biji-bijian lebih mudah berubah menjadi tengik, jadi Anda harus berhati-hati menjauhkan tepung tersebut dari suhu dapur yang lebih hangat.  

Sekali lagi, sangat penting untuk menyegelnya dengan baik dan menjaganya tetap kedap udara. Karena stabilitas raknya yang lebih pendek, perhatikan baik-baik tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan.

Hal yang sama berlaku untuk tepung kacang dan kacang utuh. Minyaknya dapat menyebabkannya bau tengik. Jadi, Anda sebaiknya menyimpan keduanya di dalam freezer dalam wadah kedap udara. 

Baca juga: 8 Hal yang Harus Diketahui tentang Dapur Modern 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.