Kompas.com - 22/10/2021, 20:23 WIB
Ilustrasi kucing berkelahi, kucing bertengkar di rumah. SHUTTERSTOCK/NILS JACOBIIlustrasi kucing berkelahi, kucing bertengkar di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Waktu bermain adalah bagian penting dari kehidupan kucing. Ini adalah sesuatu yang bermanfaat bagi kucing, baik anak kucing maupun kucing yang sudah dewasa. 

Cara kucing bermain seiring bertambahnya usia dapat berubah, tetapi keinginan untuk bermain diharapkan tetap ada sepanjang hidup kucing. 

Baca juga: 4 Ciri Kucing yang Terinfeksi Rabies dan Cara Mencegahnya

Melansir dari Cat Behavior Associates, Jumat (22/10/2021), anak kucing menggunakan waktu bermain untuk mempelajari keterampilan mereka yang berkembang dan berlatih menguntit, mengejar, dan menerkam.

Selama waktu bermain dengan sesama kucing, anak kucing juga belajar bahasa tubuh dan keterampilan komunikasi yang penting.  

Baca juga: 10 Inspirasi Nama Kucing Paling Unik dan Populer

Bermain atau berkelahi?

Ketika berbicara tentang kucing dewasa, banyak kucing dewasa yang masih menikmati waktu bermain dengan sesama kucing seumurannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, banyak pemilik yang melihat waktu bermain kucing mereka mungkin seperti berubah menjadi agresi.

Pemilik kucing sering kali tidak yakin apakah kucing hanya melakukan sesi bermain yang antusias atau pertempuran fisik yang memerlukan intervensi sebelum salah satu atau kedua kucing terluka. 

Baca juga: Mengenal Ras Kucing American Bobtail, Si Ekor Pendek yang Menggemaskan

Kucing yang memiliki hubungan tidak bersahabat atau tidak akrab satu sama lain biasanya tidak akan bermain bersama.

Jika Anda melihat dua kucing yang saling memandang sebagai lawan, lalu sedang bergulat, itu mungkin bukan pertemuan yang bersahabat.

Bahasa tubuh dan jenis vokalisasi adalah petunjuk penting bagi Anda untuk menentukan apakah kucing hanya menikmati sesi bermain yang seru.

Berikut adalah beberapa tanda khas yang menunjukkan kucing sedang bermain; 

Baca juga: 8 Ras Kucing Paling Cerdas

  • Cakar tetap berselubung 
  • Telinga sebagian besar tetap dalam posisi normal dan tidak disematkan ke belakang
  • Tidak ada piloereksi rambut
  • Tidak menggeram
  • Tidak mendesis
  • Menggigit apa pun dengan kekuatan minimal dan dilakukan tanpa menyebabkan rasa sakit atau cedera.  

Baca juga: Pemilik Wajib Tahu, Ini 7 Hal yang Dibenci Kucing dan Bisa Bikin Stres

Gulat dan kejar-kejaran antarkucing

Saat selesai bermain, Anda harus memperhatikan kucing-kucing itu bergiliran. Dengan gulat, amati apakah mereka masing-masing menghabiskan bersama kembali atau tidak.

Jika Anda terus-menerus melihat kucing yang sama saling berkejaran, tapi dengan agresif, artinya kedua kucing tengah bertengkar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.