Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Aman untuk Hewan Peliharaan

Kompas.com - 22/10/2021, 19:09 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias ke dalam rumah adalah cara cepat untuk memberikan nuansa teduh dan berbeda. 

Selain memilih tanaman dengan perawatan rendah dan daya tahan hidup lebih lama, Anda juga harus memastikan tanaman hias tersebut aman untuk hewan peliharaan yang dimiliki.

Melansir dari Better Homes and Gardens Australia, Jumat (22/10/2021), ada beberapa tanaman hias dalam ruangan yang bebas racun sehingga aman untuk hewan peliharaan

Nah, berikut ini lima tanaman hias dalam ruangan yang aman untuk hewan peliharaan. 

Baca juga: 5 Perbedaan Tanaman Hias Pothos vs Philodendron 

Spider plant 

Lili paris atau spider plant adalah tanaman ini bisa hidup di kondisi cahaya terang atau sedang, serta pada kondisi tanah yang lembap merata.SHUTTERSTOCK Lili paris atau spider plant adalah tanaman ini bisa hidup di kondisi cahaya terang atau sedang, serta pada kondisi tanah yang lembap merata.
Tanaman laba-laba atau spider plant terkenal memiliki beberapa keuntungannya, dari mudah beradaptasi, mudah tumbuh, hingga mudah dirawat.

Tanaman ini menikmati suhu yang lebih dingin dan penyiraman dalam jumlah sedang tanpa membiarkan tanah menjadi basah.

Anda dapat meletakkan tanaman hias laba-laba di dalam ruangan tanpa khawatir meracuni hewan peliharaan.  

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias 

Pakis sarang burung

Pakis berbentuk sarang ini menyukai kelembapan. Siram dalam-dalam sekali atau dua kali seminggu tergantung cuaca. Anda juga dapat memperbanyak pakis dengan memotong bagian tengah mahkota.  

Bamboo palm

Ilustrasi tanaman bamboo palm.Lamyai/SHUTTERSTOCK Ilustrasi tanaman bamboo palm.
Mudah tumbuh dan menyukai naungan, bamboo palm menjadi tanaman pot yang sempurna. Berikan air seperti kabut saat cuaca kering dan panas serta jaga agar tanah tetap lembap, tetapi tidak basah.

Jika memungkinkan, bawa tanaman bamboo palm ke luar sesekali untuk membiarkannya menyerap sinar matahari.  

Baca juga: 5 Penyebab Tanaman Hias Dalam Ruangan Mati 

Tanaman karet

Tanaman karet atau rubber plant semakin populer selama beberapa tahun terakhir karena memiliki perawatan rendah dan daun besar yang mengkilap sehingga bisa membuat ruangan terlihat bagus. 

Dalam hal perawatan, tempatkan tanaman karet di area yang mendapat banyak cahaya tidak langsung. Pastikan memiliki drainase yang baik serta tetap lembap pada musim panas (yang merupakan musim tanam).  

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Hidup dengan Baik di Kamar Mandi

Echeveria biru

Ilustrasi tanaman hias sukulen Echeveria Lola. PIXABAY/LILY ASTACIO Ilustrasi tanaman hias sukulen Echeveria Lola.
Anda mungkin akrab dengan sukulen hijau yang berdaging dan montok. Seperti semua varietas sukulen, echeveria menikmati sinar matahari penuh.

Dalam hal penyiraman, cara terbaik adalah membiarkan tanah tanaman echeveria benar-benar kering sebelum menyiram tanaman. Pastikan juga tanaman memiliki drainase yang benar-benar bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com