Kompas.com - 20/10/2021, 21:10 WIB
Ilustrasi tanaman layu. SHUTTERSTOCK/LONDON TIMEIlustrasi tanaman layu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan. Tak hanya memberikan keteduhan di dalam ruangan, merawat tanaman dalam ruangan dapat menjadi sebagai elemen dekorasi.

Melansir dari Your Home and Garden, Rabu (20/10/2021), beberapa tanaman dalam ruangan lebih mudah dirawat dibanding tanaman luar ruangan. 

Baca juga: Simak, Cara Mengusir Semut pada Tanaman Secara Alami

Sebagian besar tanaman hias dalam ruangan membutuhkan sinar matahari, air, dan perawatan yang berbeda.

Karena itu, berhati-hatilah merawatnya karena ada beberapa hal yang bisa membuat tanaman mati. Berikut ini lima penyebab tanaman hias dalam ruangan mati. 

Baca juga: Hindari, Ini 4 Kesalahan Saat Memindahkan Tanaman ke Dalam Ruangan 

Penyiraman berlebihan

Penyiraman berlebihan selama musim hujan menjadi salah satu kesalahan umum yang dilakukan saat merawat tanaman hias.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam kebanyakan kasus, Anda perlu mengurangi penyiraman menjadi setiap dua minggu sekali. Jika tidak, akar tanaman akan terendam air, yang dapat menyebabkan busuk akar.

Efek samping lain dari penyiraman berlebihan adalah daun tanaman menjadi layu, menguning, rontok, atau berubah menjadi cokelat. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak dan Cepat

Terik dan terbakar

Daun yang hangus dan terbakar juga bisa menjadi masalah bagi beberapa tanaman hias dalam rumah. Terlalu banyak sinar matahari langsung dapat merusak daun yang halus.

Jadi, jika Anda melihat tanda cokelat dan tepi yang renyah, pindahkan tanaman ke posisi lain. Kurangnya sinar matahari juga bisa menjadi masalah karena dapat menghambat pertumbuhan tanaman atau menghentikan pembungaan tanaman. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Hidup dengan Baik di Kamar Mandi 

Hama

Kompos yang terlalu lembap dapat menarik banyak hama, termasuk agas jamur atau lalat sciarid. Lalat hitam kecil ini menyimpan larva mereka di kompos basah dan sebagian besar tidak berbahaya bagi tanaman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.