Salin Artikel

Tips Menyimpan Bahan-bahan Kue agar Tahan Lama

Biasanya, untuk menyimpan beberapa bahan untuk membuat kue seperti tepung, gula, dan baking soda, sebagian orang tetap menggunakan wadah aslinya dan sebagiannya lagi meletakkannya di dalam stoples.

Namun, cara mana yang paling baik dalam penyimpanan bahan ini?

Melansir dari Martha Stewart, Jumat (22/10/2021), ada beberapa panduan menyimpan bahan-bahan kue agar tahan lama seperti berikut ini.  

Tepung

Simpan tepung serbaguna dalam wadah kedap udara pada suhu kamar. Setelah Anda membuka kemasannya, tidak cukup hanya dengan melipat bagian atasnya untuk mengamankannya.

Sebab, dengan hanya melipat bagian atasnya, tidak akan bisa menghindari hama dapur yang akan datang dan memasuki kantong tepung tersebut. 

Tepung lainnya, termasuk tepung gandum utuh dan banyak tepung gandum alternatif, kurang stabil dibanding tepung serbaguna. 

Minyak dalam biji-bijian lebih mudah berubah menjadi tengik, jadi Anda harus berhati-hati menjauhkan tepung tersebut dari suhu dapur yang lebih hangat.  

Sekali lagi, sangat penting untuk menyegelnya dengan baik dan menjaganya tetap kedap udara. Karena stabilitas raknya yang lebih pendek, perhatikan baik-baik tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan.

Hal yang sama berlaku untuk tepung kacang dan kacang utuh. Minyaknya dapat menyebabkannya bau tengik. Jadi, Anda sebaiknya menyimpan keduanya di dalam freezer dalam wadah kedap udara. 

Gula

Gula paling baik disimpan pada suhu kamar dalam wadah kedap udara. Gula pasir dapat membentuk gumpalan, tetapi mudah pecah dengan pengocok atau garpu.

Sedangkan, gula merah sangat rentan terhadap pengerasan sehingga Anda harus melunakkannya sebelum mengukur dan menggunakannya dalam resep.

Sementara itu, gula manisan baik-baik saja pada suhu kamar, asalkan dalam wadah kedap udara.  

Baking soda dan baking powder

Baking powder dan baking soda harus disimpan pada suhu kamar, jauh dari panas dan cahaya. Cara terbaik adalah menuangkan baking soda ke dalam wadah kedap udara daripada menggunakannya dari kotak yang terbuka.

Jangan gunakan sekotak baking soda yang telah dibuka dan diletakkan di kulkas saat membutuhkan satu atau dua sendok teh untuk resep memanggang.

Baking soda yang terbuka itu dirancang untuk menyerap bau, jadi sebaiknya dibiarkan saja.  

Ekstrak vanili

Simpan ekstrak seperti vanila atau almond pada suhu kamar serta jauh dari panas dan cahaya. Tidak perlu menyimpannya di kulkas, bahkan setelah dibuka. 

Cokelat batang  

Simpan cokelat batang untuk dipanggang dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk di dapur dan jauh dari cahaya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/22/223000676/tips-menyimpan-bahan-bahan-kue-agar-tahan-lama

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.