Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2021, 07:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda pernah menenggelamkan tanaman hias, Anda tidak sendirian. Bahkan perawat tanaman yang berpengalaman terkadang terlalu banyak memberi air, yang akhirnya membuat tanaman hias mati.

Akan tetapi, jangan khawatir. Sebab, ada beberapa tanaman hias yang tidak akan mati jika Anda terlalu sering atau terlalu banyak menyiramnya.

Dikutip dari Apartment Therapy, Senin (18/10/2021), untuk tanaman yang menyukai banyak air, penting untuk menanamnya di pot dengan lubang drainase. Ini agar tanah tidak tergenang air.

Baca juga: Tanda dan Cara Mengatasi Daun Tanaman Hias Terbakar Sinar Matahari

Pot terakota adalah pilihan yang sangat baik karena memungkinkan air menguap melalui tanah liat berpori.

Anda mungkin juga melihat tambalan basah di pot tempat tanah liat menyerap air berlebih, yang merupakan tanda untuk menunda satu atau dua hari sebelum menyiram lagi.

Dengan pengecualian pada tanaman cyperus, tanaman hias berikut lebih menyukai tanah yang lembap secara konsisten dan merata, meskipun tidak basah kuyup. Yang terbaik adalah menguji tanah setiap hari dengan jari untuk melihat apakah menunjukkan tanda-tanda mengering sebelum disiram lagi.

Berikut beberapa tanaman hias yang tidak mati jika disiram secara berlebihan.

Ilustrasi tanaman hias baby tears.PIXABAY/MARIJANA1 Ilustrasi tanaman hias baby tears.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Daun dengan Warna Terang untuk Mencerahkan Ruangan

1. Baby's tears

Tanaman hias baby's tears (Helxine soleirolii) adalah tanaman merambat berwarna hijau cerah dengan daun kecil berbentuk tetesan air mata.

Tanaman ini sering digunakan di terrarium karena menyukai kelembapan dan membentuk karpet dedaunan yang lebat di atas tanah.

Saat ditanam dalam pot, tanaman merambat menuruni sisinya, membuat baby's tears menjadi pilihan yang sangat baik untuk pot gantung kecil. Jagalah agar tanah selalu lembap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com