Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2021, 20:20 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemilik burung harus selalu waspada terhadap tanda-tanda bahwa hewan peliharaan mereka bisa terkena penyakit tertentu yang mengancam nyawa burung peliharaan.

Bahkan gejala yang paling halus pun bisa menjadi "tanda bahaya" bahwa hewan peliharaan mereka sangat membutuhkan perawatan medis.

Karena penyakit dapat menjadi masalah serius bagi burung peliharaan, penting untuk mengetahui masalah kesehatan paling umum yang rentan menghantui burung kesayanganmu.

Dengan begini, kamu jadi tahu gejala penyakit dan tepat waktu memberikan pertolongan. Melansir dari The Spurce Pets pada Minggu (17/10/2021) berikut ini lima jenis penyakit yang mengintai burung peliharaan.

Baca juga: Bisakah Burung Hantu Dijadikan Hewan Peliharaan? Ini Penjelasannya

Avian flu

Beberapa tahun yang lalu, kasus flu burung menjadi berita di seluruh dunia, dan hingga kini masih menjadi pembicaraan serius.

Jika sebagian kasus berfokus pada unggas yang dipelihara sebagai makanan, pemilik burung peliharaan harus tahu bahwa flu burung dapat menyerang burung dari spesies apa pun.

Artinya, burung beo dan burung peliharaan lainnya yang biasa dipelihara juga berisiko tertular jika terpapar.

Meskipun risiko terpapar hewan peliharaan di penangkaran dianggap minimal, ada beberapa hal kemungkinan burung terpapar avian flu sehingga perlu diwaspadai.

Baca juga: 5 Kesalahan saat Memberi Makan Burung

Parasit

Parasit dapat menyerang hewan apa pun, termasuk burung dan manusia. Penting untuk memantau burung peliharaan termasuk tanda-tanda infestasi parasit internal atau eksternal karena anak-anak, hewan peliharaan lain, dan anggota keluarga lainnya juga dapat tertular jika terpapar.

Parasit tertentu dapat mematikan burung peliharaan jika tidak segera diobati, jadi pelajari sebanyak mungkin tentang tanda, gejala, dan risiko paparannya untuk melindungi hewan peliharaan dan keluarga.

Baca juga: 5 Tanda Burung Lovebird sedang Hamil

Penyakit Paruh dan Bulu Psittacine (PBFD)

Ilustrasi memberi makan burungUNSPLASH/Andrik Langfield Ilustrasi memberi makan burung

Salah satu masalah kesehatan yang menakutkan bagi pemilik burung adalah Penyakit Paruh dan Bulu Psittacine, yang juga dikenal sebagai "PBFD".

Ini adalah virus mematikan yang menyebabkan pertumbuhan paruh dan bulu yang tidak normal, lesi, dan berbagai masalah lainnya.

PBFD dapat mempengaruhi spesies burung beo apa pun, dan saat ini belum ada pengobatan atau penyembuhan untuk penyakit tersebut.

Lebih buruk lagi, PBFD sangat menular, dan dapat dengan cepat menyebar ke seluruh kawanan burung yang dipelihara dalam jarak dekat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com