Kompas.com - 17/10/2021, 20:20 WIB
Ada beberapa ciri yang menandakan burung sakit dan menjelang mati, salah satunya adalah bulu yang terlihat kusam dan makin tak bercahaya. Unsplash/Charles PostiauxAda beberapa ciri yang menandakan burung sakit dan menjelang mati, salah satunya adalah bulu yang terlihat kusam dan makin tak bercahaya.

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemilik burung harus selalu waspada terhadap tanda-tanda bahwa hewan peliharaan mereka bisa terkena penyakit tertentu yang mengancam nyawa burung peliharaan.

Bahkan gejala yang paling halus pun bisa menjadi "tanda bahaya" bahwa hewan peliharaan mereka sangat membutuhkan perawatan medis.

Karena penyakit dapat menjadi masalah serius bagi burung peliharaan, penting untuk mengetahui masalah kesehatan paling umum yang rentan menghantui burung kesayanganmu.

Dengan begini, kamu jadi tahu gejala penyakit dan tepat waktu memberikan pertolongan. Melansir dari The Spurce Pets pada Minggu (17/10/2021) berikut ini lima jenis penyakit yang mengintai burung peliharaan.

Baca juga: Bisakah Burung Hantu Dijadikan Hewan Peliharaan? Ini Penjelasannya

Avian flu

Beberapa tahun yang lalu, kasus flu burung menjadi berita di seluruh dunia, dan hingga kini masih menjadi pembicaraan serius.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika sebagian kasus berfokus pada unggas yang dipelihara sebagai makanan, pemilik burung peliharaan harus tahu bahwa flu burung dapat menyerang burung dari spesies apa pun.

Artinya, burung beo dan burung peliharaan lainnya yang biasa dipelihara juga berisiko tertular jika terpapar.

Meskipun risiko terpapar hewan peliharaan di penangkaran dianggap minimal, ada beberapa hal kemungkinan burung terpapar avian flu sehingga perlu diwaspadai.

Baca juga: 5 Kesalahan saat Memberi Makan Burung

Parasit

Parasit dapat menyerang hewan apa pun, termasuk burung dan manusia. Penting untuk memantau burung peliharaan termasuk tanda-tanda infestasi parasit internal atau eksternal karena anak-anak, hewan peliharaan lain, dan anggota keluarga lainnya juga dapat tertular jika terpapar.

Parasit tertentu dapat mematikan burung peliharaan jika tidak segera diobati, jadi pelajari sebanyak mungkin tentang tanda, gejala, dan risiko paparannya untuk melindungi hewan peliharaan dan keluarga.

Baca juga: 5 Tanda Burung Lovebird sedang Hamil

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.