Kompas.com - 17/10/2021, 15:40 WIB
Ilustrasi kucing Khao Manee. SHUTTERSTOCK/LIZMYOSOTISIlustrasi kucing Khao Manee.

JAKARTA, KOMPAS.com- Kucing memiliki beberapa kebiasaan unik, mulai dari menjatuhkan sesuatu, tidur siang dengan posisi aneh, hingga menatap kosong ke dinding dalam waktu yang cukup lama.

Lalu, apa sebenarnya yang dilihat kucing saat menatap dinding? Melansir dari The Spurce Pets pada Minggu (17/10/2021) berikut ini sejumlah alasan yang mendasari kucingmu melihat ke dinding.

Baca juga: Penyebab Alergi Kucing dan Cara Mengurangi Bulu Kucing di Rumah

Melihat sesuatu

Kucing memiliki indera penglihatan yang tajam. Meskipun mereka tidak bisa melihat warna sebanyak mata manusia, mereka memiliki lebih banyak sel batang dan dapat melihat dengan sangat baik dalam cahaya bahkan gelap. Mereka juga memiliki bidang pandang yang lebih luas daripada manusia.

Faktanya, penglihatan kucing bisa mencapai 200o sementara kita hanya 180o. Ini berarti kucing memiliki penglihatan tepi yang jauh lebih luas daripada manusia.

Kamu mungkin mengira ketika ia menatap tembok, kucing itu tidak sedang melihat apa pun, tapi mereka mungkin sebenarnya sedang mengamati serangga atau bayangan di dinding.Kucing mungkin juga memiliki ingatan episodik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Tanda Kucing Sedang Sakit

 

Ini adalah jenis memori jangka panjang khusus yang memungkinkan kucing mengingat peristiwa, situasi, dan pengalaman tertentu.

Ini berarti kucingmu dapat mengingat pantulan matahari yang menari di bagian tertentu dari dinding tertentu pada waktu tertentu.

Jadi, jika kucingmu menatap dinding yang sama pada waktu yang sama, mereka mungkin sedang menunggu momen favoritnya.

Baca juga: Apakah Kucing Tahu Bahwa Mereka Lucu dan Menggemaskan?

Mendengar sesuatu

Kucing memiliki indera pendengaran yang luar biasa. Faktanya, mereka dapat mendengar rangkaian frekuensi yang lebih luas daripada banyak mamalia lain, termasuk manusia dan anjing. Jadi, kucingmu mungkin bisa mendengar hal-hal yang tidak bisa kamu dengar.

Misalnya, ia mendengar air menetes atau bunyi angin yang mendesis dari saluran pipa. Tentu saja, rumah kita tidak dapat ditembus oleh binatang dari luar.

Baca juga: Kenapa Kucing Tidur di Dalam Kotak Pasirnya? Cermati 2 Faktor Ini

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.