Kompas.com - 15/10/2021, 13:10 WIB
Ilustrasi memberi makan burung UNSPLASH/Andrik LangfieldIlustrasi memberi makan burung

JAKARTA, KOMPAS.com- Kegiatan memberi makan burung sekilas terdengar mudah, tapi tanpa disadari, ada sejumlah kesalahan saat memberi makan burung yang sering dilakukan.

Hal ini membuat burung tidak menikmati makanannya bahkan mogok makan dan dapat mengganggu kesehatan.

Agar burungmu selalu sehat, perhatikan cara memberi makan burung, pakan yang digunakan, dan hindari kesalahan saat memberi makan burung berikut ini.

Melansir dari The Spurce pada Jumat (15/10/2021) berikut lima kesalahan yang perlu dihindari saat memberi makan burung.

Baca juga: 5 Tanda Burung Lovebird sedang Hamil

Hanya menggunakan satu jenis pengumpan burung

Burung memiliki preferensi makanan yang berbeda, dan spesies yang berbeda lebih menyukai gaya pengumpan yang berbeda.

Pengumpan terbuka dengan nampan atau tempat bertengger akan menarik berbagai jenis burung, tetapi untuk memaksimalkan pemberian makan burung, penting untuk menggunakan pengumpan yang berbeda tergantung jenis dan kegemaran burung peliharaanmu.

Baca juga: 4 Cara Melatih Burung Lovebirds agar Tenang

Membiarkan wadah makan kosong

Burung bisa menolerir jika wadah makannya kosong selama beberapa hari, tetapi feeder yang selalu kosong tidak akan menarik perhatian burung.

Burung liar tidak akan kelaparan jika pengumpan kosong karena mereka mendapatkan sebagian besar makanan mereka dari sumber alami, tetapi mereka juga tidak akan kembali ke sumber makanan yang tidak dapat diandalkan.

Baca juga: Catat, Ini 3 Teknik Memandikan Burung Peliharaan

Memberi burung roti

Roti dapat dibuat dari biji-bijian, tetapi produk roti yang diproses secara berat seperti biskuit, kue kering, donat, sereal, dan semua jenis makanan yang dipanggang adalah makanan cepat saji. Produk-produk ini tidak memberikan nutrisi yang cukup baik untuk burung dewasa dari jenis apapun.

Mengabaikan sumber makanan alami burung

Memberi makan burung tidak harus berarti mengeluarkan banyak tempat makan burung dan menghabiskan uang untuk benih yang mahal, belum lagi waktu dan tenaga untuk mengisi dan membersihkan tempat makan.

Baca juga: Apakah Burung Peliharaan Bahagia? Ini Cara Mengetahuinya

 

Burung yang menghindari makanan alami seperti pohon buah-buahan atau bunga penghasil nektar, atau yang membunuh serangga yang dapat dimakan burung, membuat burung kehilangan sumber makanan paling bergizi, termudah, dan paling ekonomis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.