Kompas.com - 17/10/2021, 12:20 WIB
Tanaman yang terbakar matahari parah daunnya bisa berubah menjadi kecokelatan dan kering. Getty Images via Better Homes & GardensTanaman yang terbakar matahari parah daunnya bisa berubah menjadi kecokelatan dan kering.

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun sinar matahari dibutuhkan untuk menjaga tanaman tetap sehat, tapi terlalu banyak sinar matahari juga tak baik untuk tanaman hiasmu.

Daun yang menguning dan terbakar karena sinar matahari adalah salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh para pecinta tanaman hias.

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya kamu kenali tanda-tanda tanaman hias terbakar sinar matahari dan cara menanganinya yang dilansir dari Better Homes and Gardens pada MinggU (17/10/2021).

Baca juga: 5 Tanaman Hias Daun dengan Warna Terang untuk Mencerahkan Ruangan

Tanda-tanda tanaman terbakar sinar matahari

Sama seperti kulit. daun tanaman hias Anda akan berubah warna jika terlalu banyak terkena sinar matahari, tetapi alih-alih merah cerah, daun tanaman hiasmu malah akan menguning atau memutih.

Jika terbakar sinar matahari parah, mereka bahkan bisa menjadi sedikit coklat dan gosong pada bagian tepinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daun juga bisa kehilangan warnanya jika tanaman terlalu banyak disiram atau tidak cukup cahaya matahari.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Membutuhkan Cahaya Minim

 

Tapi, biasanya jika tanaman terbakar sinar matahari, hanya daun di bagian atas tanaman, di mana sinar matahari mengenainya, yang akan berubah warna.

Daun yang lebih dekat ke tanah dan mendapatkan naungan dari daun yang lebih tinggi seharusnya tidak memiliki perubahan warna yang sama.

Cara mencegah tanaman terbakar sinar matahari

Ilustrasi daun menguningUNSPLASH/Kelly Sikkema Ilustrasi daun menguning

Tanaman bisa terbakar sinar matahari hanya dalam beberapa jam, dan begitu mereka terbakar, tidak banyak yang bisa dilakukan untuk menolong tanamanmu.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.