Kompas.com - 17/10/2021, 21:40 WIB
Ilustrasi burung di dalam sangkar. PIXABAY/RAFAEL RABASSA PEREZIlustrasi burung di dalam sangkar.

JAKARTA, KOMPAS.com- Sama halnya dengan manusia, burung juga bisa depres. Jika dibiarkan maka dapat menyebabkan perilaku menyimpang yang bisa merusak dirinya sendiri, menurunkan respons kekebalan, dan berbagai masalah lainnya.

Jika kamu menduga bahwa burung peliharaanmu depresi karena menunjukkan perilaku yang menyakiti diri atau menyimpang lainnya, sebaiknya kenali tanda-tanda burung depresi berikut ini. Melansir dari The Spurce Pets pada Minggu (17/10/2021) berikut ini tanda burungmu depresi.

Baca juga: 5 Penyakit Umum yang Mengintai Burung Peliharaan

Kehilangan napsu makan

Meskipun ini bisa menjadi gejala dari beberapa jenis masalah yang berbeda pada burung peliharaan, satu indikator besar dari depresi adalah hilangnya napsu makan.

Karena burung memiliki metabolisme yang begitu cepat, penting untuk belajar mengenalinya dengan sigap jika burung menunjukkan gejala mogok makan.

Jika dibiarkan hal ini akan mempengaruhi berat badan burung bahkan bisa menyebabkannya kekurangan berat badan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bisakah Burung Hantu Dijadikan Hewan Peliharaan? Ini Penjelasannya

Agresi

Salah satu tanda terbesar dan paling mudah dikenali bahwa seekor burung mengalami depresi adalah perubahan kepribadian yang tiba-tiba.

Seringkali, terutama pada burung beo, ini memanifestasikan dirinya sebagai agresi. Sementara agresi bisa bersifat musiman dan terkait dengan masalah hormonal, perilaku yang terus-menerus di luar karakter bisa jadi pertanda bahwa burung peliharaanmu sedang tidak bahagia dan depresi.

Agar lebih aman, segera periksakan burung peliharaanmu dan jika perlu kunjungi klinik dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga: 5 Tanda Burung Lovebird sedang Hamil

Suka mencabuti bulu

Ilustrasi burung hantufreepik.com/wirestock Ilustrasi burung hantu

Ketika seekor burung mulai mencabuti bulunya, ini bisa mengindikasikan bahwa burung peliharaan sedang mengalami depresi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.