Kompas.com - 16/06/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi ikan cupang halfmoon. SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPAIlustrasi ikan cupang halfmoon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kesempurnaan ukuran dan bentuk tubuh, warna dan sirip adalah dua faktor yang paling penting untuk menentukan kecantikan seekor ikan cupang.

Baik warna pada sisik dan sirip ikan cupang adalah bagian tubuh yang 'sakral', yang dianggap mampu membius mata para pecintanya.

Untuk bisa meningkatkan tampilan warna dan siripnya, ikan cupang perlu diberikan pakan yang sesuai dan khusus.

Baca juga: Apakah Bisa Memelihara Banyak Ikan Cupang di Dalam Satu Wadah?

Dikutip dari kanal Youtube Ikan Cupang Channel, Rabu (16/6/2021), berikut ini 5 pilihan pakan yang baik untuk warna dan sirip ikan cupang.

1. Kutu air

Kutu air kutu air atau lebih dikenal dengan kutir merupakan salah satu jenis pakan yang paling umum diberikan pada ikan cupang, terlebih untuk ikan cupang yang umurnya dibawah 1 bulan.

Kutu air diyakini oleh banyak pecinta ikan cupang bisa meningkatkan kualitas warna atau menjaga warna ikan cupang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi, pola pemberian kutu air pada ikan cupang dewasa perlu diperhatikan. Jangan langsung memberi banyak kutu air pada ikan cupang dalam sekali makan, karena hal itu bisa mengganggu aktivitas ikan cupang.

Baca juga: Ikan Cupang Suka Berkelahi? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

2. Udang

Udang juga salah satu jenis makanan yang lazim diberikan pada ikan cupang, karena kandungannya diyakini mampu meningkatkan warna atau menjaga warna ikan cupang.

Pemberian pakan udang untuk ikan cupang ini mulai tren dari tahun 2018. Sebelum tahun 2018, jarang ada penghobi atau peternak ikan cupang yang memberi makan ikan cupang dengan udang.

Cara pemberian udang untuk pakan ikan cupang hanya pada bagian dagingnya saja. Lalu daging udang perlu dicacah terlebih dahulu agar bisa dimakan atau masuk ke mulut ikan cupang.

Untuk itu, usahakan amati cacahan daging udang tersebut apakah sudah bisa masuk ke mulut ikan cupang sebelum diberikan.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X