Kompas.com - 16/06/2021, 13:53 WIB
Ilustrasi anjing berenang Unsplash/Justaf AbduhIlustrasi anjing berenang

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan hewan yang dilahirkan dengan banyak naluri alami. Salah satunya, kemampuan berenang.

Kebanyakan anjing akan langsung berenang atau mendayung jika diletakkan atau dipegang di atas air. Tak heran, ada gaya berenang yang dikenal sebagai “doggy paddle,” atau “anjing mendayung”. 

Baca juga: Kenali Tanda Kulit Anjing Terbakar Sinar Matahari dan Risikonya

Kaki anjing akan mulai berputar dalam gerakan mengayuh atau doggy paddle saat berenang. Cukup memegangnya sebentar, anjing akan langsung berenang dengan sendirinya.

Banyak orang percaya bahwa semua anjing dilahirkan dengan kemampuan berenang secara naluriah atau alami. Padahal, hal ini jelas salah.

Melansir dari laman Dog Time, Rabu (16/6/2021), faktanya, tak semua anjing memiliki kemampuan renang secara lahiriah. Bahkan, ada beberapa ras anjing yang tidak bisa berenang meski telah dilatih. 

Baca juga: Bolehkan Anjing Menggunakan Sunscreen? Ini Penjelasannya 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Soal kemampuan berenang, setidaknya terdapat tiga jenis anjing. Pertama, anjing yang bisa berenang secara alamiah. Kedua, anjing yang bisa berenang, tetapi membutuhkan bantuan. Ketiga, anjing yang tenggelam seperti batu dalam situasi air apa pun.

Namun, ada beberapa ras anjing yang dibiakkan untuk penyelamatan dan aktivitas air. Ras ini biasanya tidak hanya menjadi perenang yang sangat baik, tetapi juga cenderung sangat menikmati air.  

Baca juga: 6 Ras Anjing Imut yang Bisa Dipelihara di Apartemen

Ras anjing yang menyukai air, di antaranya Retriever dan Spaniel seperti Labrador retriever, Golden retriever, American water spaniel, Irish water spaniel, serta Portuguese water dog.

Retriever dan Spaniel cenderung memiliki kaki belakang yang kuat dan panjang, yang sangat baik untuk berenang.

Selain ras, terkadang beberapa anjing yang sudah tua atau anjing penyandang disabilitas apa pun jenisnya mengalami kesulitan berenang. 

Baca juga: Bolehkah Anjing Makan Cokelat? Simak Penjelasannya Ini

Halaman:


Sumber Dogtime
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X