Kompas.com - 16/06/2021, 12:38 WIB

KOMPAS.com - Televisi alias TV merupakan salah satu benda wajib yang ada di dalam rumah. Kini, ada aneka ukuran, model hingga fitur televisi yang beredar di masyarakat. Salah satu model televisi yang banyak diminati adalah smart TV 32 inci

Smart TV adalah televisi yang tak hanya bisa digunakan untuk nonton berbagai acara TV namun banyak hiburan lainnya yang tak ada pada televisi biasa.

Sebab, smart TV bisa terhubung langsung dengan koneksi internet maupun komputer sehingga, hiburan yang ditayangkan pun lebih beragam seperti Netflix, Youtube, hingga terhubung ke media sosial.

Baca juga: Seberapa Perlu Memiliki Smart TV?

Selain itu, ukuran 32 inci adalah besaran TV yang sesuai untuk ruang tamu maupun ruang keluarga. Lebar layarnya pas dan tidak terlalu kecil, sehingga nyaman untuk ditonton bersama keluarga.

Namun, sama halnya dengan barang elektronik lainnya, smart TV juga butuh perawatan agar awet dan tidak mudah rusak. Berikut ini cara merawat smart TV 32 inci, melansir dari berbagai sumber, Rabu (16/6/2021). 

1. Letakkan TV di area yang tepat

Peletakkan TV juga berpengaruh pada awet atau tidaknya barang elektronik ini. Usahakan untuk meletakkan TV di area yang tidak terkena debu.

Sebab, debu yang masuk ke sela TV dapat mengakibatkan kerusakan. Selain itu, debu yang menumpuk juga menghambat sirkulasi udara pada TV sehingga TV akan cepat panas dan rusak.

Baca juga: 9 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smart TV

2. Bersihkan secara berkala

Meskipun smart TV diletakkan di dalam ruangan, tapi bukan berarti TV tidak dibersihkan. Lakukan pembersihan dan perawatan secara berkala serta rutin setiap hari dengan menggunakan cleaning kit berupa cairan khusus pembersih layar smart TV yang bisa didapatkan di toko-toko elektronik.

Baca juga: Cara Membuat TV Biasa Menjadi Smart TV

3. Matikan TV jika tidak ditonton

Ilustrasi Smart TV di rumah.PEXELS/LISA FOTIOS Ilustrasi Smart TV di rumah.

Jangan lupa untuk mematikan TV apabila sudah tidak ditonton.

Sebab, TV yang dinyalakan terus menerus akan memengaruhi performa serta kualitas layar TV. Selain mematikan TV yang tidak ditonton akan menghemat listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.