Kompas.com - 24/03/2021, 18:20 WIB
Ilustrasi Smart TV di rumah. PEXELS/LISA FOTIOSIlustrasi Smart TV di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli smart TV tidak semudah membeli smartphone, karena ada ratusan pilihan yang bisa dipilih, tersedia dalam model yang membingungkan dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Terlebih lagi, karena hal ini adalah sesuatu yang kemungkinan besar akan Anda gunakan dalam jangka waktu lama, pemilihannya harus lebih berhati-hati.

Dilansir dari Gadget to Use, Rabu (24/3/2021),.saat membeli smart TV, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk memutuskan apakah satu set televisi itu baik untuk Anda atau tidak.

 

Baca juga: Smart TV dan Android TV, Apa Perbedaan Keduanya?

Di bawah ini adalah panduan pembelian Smart TV lengkap dengan hal-hal penting untuk diperiksa saat memilih smart TV.

1. Merek

Merek adalah hal pertama yang harus diputuskan saat membeli smart TV. Anda harus mengetahui dengan jelas tentang merek smart TV apa yang dapat Anda pilih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaiknya pertimbangkan garansi yang ditawarkan, kualitas layanan purna jual, termasuk jaringan pusat layanan, dan tambahan seperti pemasangan dan aksesori.

Jika membeli dari toko offline, hindari memilih merek hanya berdasarkan saran eksekutif penjualan. Memeriksa ulasan online akan membantu Anda membuat keputusan yang cerdas.

Baca juga: Mau Beli Smart TV? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

2. Ukuran layar

Hal utama berikutnya yang perlu dipertimbangkan saat membeli smart TV adalah ukuran layar. Ini sangat tergantung di mana Anda ingin meletakkannya, ukuran ruangan, dan berapa banyak orang yang akan menonton pada waktu tertentu.

Seseorang dapat mengukur jarak ke tempat tidur, kursi, atau sofa dari TV untuk mengetahui perkiraan ukuran layar.

Jika jarak pandang kurang dari 150 cm, gunakan TV 32 inci. Jika jarak antara 150-180 cm, pilih 43 inci. Selain itu, perangkat 46 atau 50 inci akan ideal untuk melihat jarak dari 6-7 kaki. Untuk lebih dari 8 kaki, Anda dapat beralih ke panel 50 dan 55 inci.

Biasanya, TV 40 inci cocok untuk ruang tamu. Namun, kamar yang lebih besar akan lebih baik dengan ukuran TV 46-50 inci.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.