Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2021, 08:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Mr Right

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini ada beragam jenis televisi atau TV yang beredar di pasaran, dengan berbagai fitur canggih. Fitur-fitur ini memberikan pengalaman baru dalam menonton TV sebagai hiburan.

Salah satu varian TV yang kini banyak digemari konsumen adalah TV LED atau LED TV. Dengan kualitas gambar yang mumpuni, TV LED juga memberikan sensasi menonton TV yang tidak tergantikan.

Namun demikian, untuk Anda yang baru atau akan membeli TV LED, ada beberapa permasalahan umum yang kerap terjadi pada TV ini yang perlu diperhatikan.

Baca juga: 6 Hal yang Bisa Menyebabkan TV LED Cepat Rusak

Apa saja permasalahan umum pada TV LED? Dilansir dari Mr Right India, Kamis (18/2/2021), berikut paparannya.

1. Layar TV LED kosong

Jika layar TV LED tidak ada gambarnya alias kosong, kemungkinan besar unit catu daya di dalam TV LED mengalami masalah. Unit catu daya bertanggung jawab untuk menerima arus dan mengirimkannya ke semua komponen TV LED.

Unit catu daya mengalami masalah karena lonjakan pasokan input yang tiba-tiba. Biasanya, kapasitor pada papan catu daya rusak.

Jika Anda membongkar perangkat TV LED, Anda dapat memverifikasi ini dengan melihat kapasitor yang bocor atau menggembung. Masalah ini umum terjadi pada TV LED modern dan pekerjaan perbaikan cukup sederhana dan cepat.

Baca juga: Mau Beli Smart TV? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Disarankan untuk mencari teknisi karena mengganti kapasitor akan membutuhkan keterampilan menyolder.

2. Ada garis horizontal saat menyalakan TV LED

Akar masalahnya adalah kekuatan sinyal rendah di kabel dekoder yang tersambung ke TV LED. Masalah ini mungkin tidak muncul jika Anda mencolokkan dekoder itu ke televisi lama.

Alasannya adalah karena TV lama membutuhkan kekuatan input yang lebih rendah untuk bekerja. Dengan perangkat TV LED modern, itu tidak terjadi.

TV LED membutuhkan sinyal masukan yang lebih kuat. Jadi, beralih ke set-top box HD kemungkinan besar akan memperbaiki masalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com