Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 12/01/2023, 19:30 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring perkembangan zaman, saat ini pasar TV digital telah diramaikan oleh hadirnya teknologi televisi atau TV layar datar yang disebut LED TV atau TV LED.

TV sendiri merupakan salah satu perangkat elektronik rumah tangga wajib, yang mana hampir setiap penghuni rumah memilikinya untuk sarana hiburan.

Ketika memiliki TV LED, setiap orang pasti berharap TV nya tersebut dapat bertahan lama dan awet, sehingga bisa mereka gunakan dalam jangka waktu yang lama agar tidak perlu sering membelinya.

Baca juga: Tips Aman Membersihkan Layar TV

Ilustrasi TV LED.UNSPLASH/THOM MILKOVIC Ilustrasi TV LED.

Namun, perlu diingat bahwa membuat TV awet dan bertahan lama itu bukan hanya bergantung pada kualitas TV dari berbagai merek, tetapi cara penggunaan dan perawatan.

Jika penggunaan dan perawatannya tidak sesuai, jangan harap TV LED yang kamu miliki bisa awet dan tahan lama, justru sebaliknya, TV LED kamu malah jadi cepat rusak.

Dirangkum dari beberapa sumber, Selasa, (2/2/2021), berikut ini beberapa hal yang bisa membuat TV LED milikmu menjadi cepat rusak.

1. TV LED tidak mendapat ruang yang cukup saat diletakkan

Dikutip dari Sharp, ketika kamu meletakkan TV LED di sebuah ruangan dalam rumah, usahakan untuk menyediakan ruang yang lebih luas, jangan dibiarkan terlalu sempit atau mepet.

Baca juga: Trik Membuat Area Nonton TV Lebih Bergaya

Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara ke TV LED bisa lancar. Sebab, komponen yang ada di dalam TV LED bisa menjadi panas ketika kondisinya menyala.

Ketika terus menerus digunakan, suhu panas pada komponen di dalam TV LED akan semakin meningkat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com