Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 5 Cara Meletakkan TV di Ruang Keluarga agar Lebih Cantik

Kompas.com - 10/02/2021, 07:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Televisi atau TV merupakan alat elektronik yang sebagian besar ada di dalam rumah.

Penempatan TV ini biasanya diletakkan di ruang keluarga atau ruang tamu. Tak hanya menjadi hiburan saja, namun penempatan TV juga sering kali menjadi titik fokus dalam ruangan.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (10/2/2021), untuk memaksimalkan tampilannya sebagai titik fokus namun lebih memiliki desain yang cantik, berikut beberapa trik desain yang bisa diaplikasikan dalam penempatan TV. 

Baca juga: Smart TV dan Android TV, Apa Perbedaan Keduanya?

Rak

TV yang dikelilingi rak built-in berfungsi sebagai pusat media yang menarik. Dengan solusi ini, Anda dapat mengisi ruang dengan lebih dari sekadar kotak hitam, dengan buku, seni, aksesori, dan tanaman.

Lemari, laci, dan rak dapat digunakan untuk memasang kabel, remote, dan komponen elektronik lainnya menjadi lebih rapi dan tertata.

Furnitur

Gunakan furnitur untuk membingkai dan membuat penempatan TV tampak lebih terarah. Anda bisa meletakkan dua rak pada samping kanan dan kiri TV sehingga dapat menempatkan berbagai aksesori di dalamnya.

Latar belakang

Layar TV yang kosong memberikan efek kotak hitam raksasa pada dinding. Untuk mengecilkan tampilan TV saat tidak menyala, pertimbangkan mengaplikasikan latar belakang hitam pada dindingnya.

Baca juga: 6 Hal yang Bisa Menyebabkan TV LED Cepat Rusak

Hal ini dapat membuat layar terlihat tidak terlalu mencolok dibandingkan jika dengan dinding berwarna putih.

Tidak di tengah

Tidak ada aturan yang mengatakan TV harus berada di tengah dinding. Jika ruang keluarga Anda lebih sering digunakan untuk percakapan daripada waktu menonton, peletakkan TV agak ke samping bisa menjadi pilihan.

Pasang TV ke dinding agak pinggir menggunakan dudukan TV putar sehingga Anda dapat mengayunkan layar dan menyesuaikan sudut saat diperlukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com