Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2021, 17:26 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sering digunakan untuk menonton tayangan favoritmu, tanpa disadari layar TV atau televisi yang kamu miliki bisa menjadi kotor bahkan menimbulkan noda yang mengeras apabila jarang dibersihkan.

Saat layar TV kotor dan timbul noda, hal itu membuat tampilan dan ketajaman gambar tidak bisa maksimal, sehingga tayangan yang kamu tonton kurang jernih untuk dilihat.

Jika kamu takut untuk membersihkan layar TV milikmu karena tak ingin membuatnya tergores, kamu bisa membersihkannya dengan cara aman.

Baca juga: 6 Pilihan TV yang Cocok untuk Kamar Tidur

Berikut ini, terdapat beberapa cara untuk membersihkan layar TV secara aman, agar tampilan TV yang kamu miliki tetap terawat dengan baik, dirangkum beberapa sumber, Selasa, (19/1/2021).

1. Matikan TV terlebih dahulu

Sebelum membersihkan layarnya, pastikan kamu sudah mematikan TV dengan mencabut kabel dari stop kontak listrik, dan diamkan sampai TV dingin apabila baru digunakan.

Hal ini penting dilakukan agar dapat mengurangi risiko kerusakan elektronik saat membersihkannya dengan bahan cair dalam kondisi masih panas.

Dengan mematikan TV, itu juga akan lebih memudahkan untuk melihat kotoran yang menempel pada layar, sehingga kotoran akan lebih jelas terlihat dan mudah untuk dibersihkan.

Baca juga: Hilangkan Goresan Layar TV dengan Cara Ini

2. Bersihkan kotoran yang ada

Saat ingin membersihkan debu dan kotoran maupun noda, jangan menyentuh layar televisi dengan tangan.

Untuk membersihkan frame dan layar TV, gunakan kain yang lembut, bersih, tidak berserat, dan kering, disarankan untuk menggunakan kain microfiber atau kanebo.

3. Gunakan cairan pembersih layar

Cairan screen clean alias pembersih layar adalah cairan pembersih khusus layar monitor. Jangan pernah menggunakan cairan, wax, atau bahan kimia untuk membersihkan layar TV karena sangat berisiko.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com