Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanaman Herbal Ini Bisa Jadi Bahan Pembersih di Rumah

Kompas.com - 19/01/2021, 13:38 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Herbal merupakan tanaman atau tumbuhan yang memiliki nilai lebih dalam pengobatan, dan barangkali kamu salah satu orang yang menanamnya di rumahmu.

Kamu mungkin sudah tahu bahwa tanaman herbal memiliki segundang manfaat baik untuk kesehatan manusia, terlebih beberapa jenis herbal pada awal pandemi Covid-19 banyak dicari untuk membantu meningkatkan imunitas.

Tetapi, kamu mungkin tidak tahu bahwa beberapa tanaman herbal juga dapat berfungsi di luar pengobatan maupun bumbu dapur.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Dapat Digantung

Saat tanaman herbal dikemas menjadi minyak esensial, itu bisa menjadi bahan pembersih alami di rumah yang bisa diandalkan dan bebas kimia.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini ada 8 minyak esensial dari bahan herbal yang bisa menjadi bahan pembersih yang dapat membuat rumahmu tetap berkilau dan harum, dilansir dari beberapa sumber, Selasa (19/1/2021).

1. Mint

Selain memiliki aroma yang segar dan bersih, minyak peppermint merupakan pestisida alami.

Campurkan setengah sendok teh minyak peppermint dengan air perasan lemon dan air, sekarang kamu mendapatkan pembersih kaca alami yang wangi yang akan mencegah lalat, semut, dan serangga lainnya memasuki rumah melalui jendela.

Baca juga: 7 Tanaman Herba yang Cocok Ditanam di Pot, Apa Saja?

2. Lavender

Lavender berfungsi sebagai desinfektan sekaligus pewangi. Campurkan 10 sampai 12 tetes minyak lavender dengan soda kue untuk membuat bubuk permadani yang akan membuat karpet memiliki bau segar, sehingga kamu akan merasa tenang dan rileks.

3. Eukaliptus atau kayu putih

Minyak kayu putih memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Gabungkan minyak kayu putih dengan minyak pohon teh dalam sebotol air untuk membuat semprotan pembersih kamar mandimu, masing-masing 5-6 tetes sudah cukup.

Kemudian gunakan 2 minyak itu untuk menyeka shower, wastafel, dan meja dapur untuk permukaan yang segar dan bersih setiap hari.

4. Cengkih

Selain cuka berbumbu, cengkih atau cengkeh juga berfungsi sebagai antijamur dan antiseptik, sehingga menjadikannya pilihan hijau untuk melawan jamur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com