Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2021, 10:34 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah ikan cupang yang kamu miliki terlihat lesu? Apakah mereka lebih sering berada di dasar akuarium? Atau mereka menjadi lambat dalam urusan makan?

Jika beberapa tanda di atas dialami oleh ikan cupangmu, bisa dikatakan mereka sedang mengalami kebosanan atau merasa bosan.

Saat ikan cupang merasa bosan, mereka juga akan menggigit ekornya sendiri. Ikan cupang yang merasa bosan sepanjang waktu, itu bisa dengan cepat berubah menjadi frustrasi.

Baca juga: Perawatan Khusus untuk Ikan Cupang yang Sudah Tua

Jika cupang melampiaskan rasa frustrasi pada dirinya sendiri atau jika itu mulai membuatnya stres, maka itu bisa melemahkan sistem kekebalannya dan menghadirkan penyakit.

Untuk mencegah bahaya lebih lanjut pada ikan cupang yang merasa bosan, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membuatnya tetap terhibur.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat ikan cupang terhindar dari kebosanan, dilansir dari beberapa sumber, Selasa, (19/1/2021).

1. Tambahkan tanaman hidup ke akuarium

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menjauhkan ikan cupang dari rasa bosan hingga menjadi stres adalah dengan menambahkan tanaman hidup ke akuarium. 

Baca juga: Cara Mengetahui Ikan Cupang yang Sudah Berusia Tua

Tanaman membuat akuarium terasa jauh lebih alami, memberi cupangmu banyak tempat untuk berenang dan menjelajah, sekaligus membuat akuarium terlihat lebih baik untukmu.

Dan jangan khawatir dengan pencahayaan pada akuariummu, ada banyak tanaman rendah cahaya yang bisa kamu tanam seperti pakis lidah kolam dan java moss.

Atau kamu bahkan dapat menambahkan beberapa bola lumut marimo yang akan tumbuh dengan baik hanya dengan penerangan ruangan. Kamu tidak akan pernah melihat ikan cupang di akuarium yang tidak menyukai tanaman.

2. Tingkatkan akuariumnya

Berkali-kali kamu melihat cupang dalam akuarium yang terlalu kecil untuk mereka. Akuarium atau soliter berukuran 2 liter atau 5 liter pun masih terlalu kecil.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com