Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Jenis Pakaian yang Tak Boleh Dimasukkan ke Pengering Mesin Cuci

Kompas.com - 18/01/2021, 20:23 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengering di mesin cuci adalah penyelamat saat kamu terburu-untuk mengeringkan pakaian, tapi itu juga dapat merusak investasimu dalam terhadap beberapa pakaian.

Jika kamu ingin menghindari penyusutan, atau menghancurkan pakaian favoritmu, kamu harus menghindari memasukkannya ke dalam pengering.

Sering kali, orang-orang merasa begitu bahagia dengan adanya pengering, sehingga mereka cenderung melupakan beberapa aturan dasar mesin dan akhirnya menyusutkan pakaiannya.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Baking Soda

Jadi, untuk menghindari penyusutan atau pelonggaran kain, berikut adalah beberapa pakaian yang harus kamu hindari untuk dimasukkan ke dalam pengering mesin cuci, dirangkum dari berbagai sumber, Senin, (18/1/2021).

1. Pakaian renang

Pakaian renang umumnya dikenakan di bawah terik matahari pantai atau kolam renang. Meletakkan pakaian ini dengan mesin pengering dapat membuatnya rusak dan rapuh.

Selain itu, memasukkan baju renang ke pengering mesin cuci mesin dapat membuat kain kehilangan teksturnya, sehingga berakibat sangat buruk.

2. Jeans

Memasukkan jeans ke dalam pengering dapat merusak denim sepenuhnya. Sebagian besar denim cenderung kehilangan elastisitas dan kilapnya saat dimasukkan ke pengering.

Baca juga: 7 Mitos yang Salah tentang Mencuci Pakaian

Itulah mengapa selalu baik untuk mencuci denim dengan tangan dan menghindarkannya dari pengering.

3. Baju berbahan kasmir

Satu kesalahan kecil yang dapat merusak pakaian berbahan kasmir yang kamu miliki adalah memasukkannya ke pengering. Jadi, tahan untuk membuatnya lebih cepat kering dan andalkan sinar matahari.

4. Kaus kaki

Setelah dimasukkan ke dalam pengering, kaus kaki akan menjadi tidak akan berguna. Kamu tidak boleh memasukkan kaus kaki ke dalam mesin pengering, karena akan kehilangan elastisitasnya.

Bagi orang yang tidak punya waktu untuk mencuci kaus kaki dengan tangan, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan tas jaring.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com