Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2020, 14:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Umumnya sebuah setrika atau gosokan yang banyak digunakan oleh orang-orang di rumahnya memiliki fungsi untuk menyetrika, alias melicinkan pakaian agar bebas kusut atau lecek.

Namun, mungkin kamu tidak tahu dan menyangka kalau sebuah setrika mempunyai fungsi lain di luar menyetrika pakaian.

Ya, kamu tidak salah membacanya. Sebuah setrika yang ada dirumahmu bisa kamu pergunakan untuk beberapa hal lain selain menghilangkan lecek pada pakaian.

Baca juga: Bagian Bawah Setrika Lengket? Ini 6 Cara Mengakalinya

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (30/12/2020), ada cara yang tak biasa yang bisa digunakan dengan setrika, berikut di antaranya.

1. Mengatasi penyok di karpet

Saat kamu meletakkan furnitur yang berat di atas karpet lembut, hal itu bisa meninggalkan tanda atau bekas tindihan yang membuat karpet tampak penyok.

Salah satu cara yang paling efektif untuk memperbaiki kondisi tersebut adalah dengan meletakkan kain lembab di atas area karpet yang penyok. Setelah itu gosok kain lembab tersebut menggunakan setrika dengan pengaturan uap.

Setelah sekitar 30 detik, sisihkan setrika dan angkat serat karpet dengan jarimu atau sikat kaku.

Baca juga: Setrika Juga Harus Dibersihkan, Bisa Pakai Garam hingga Cuka

2. Reparasi kayu

Kamu bahkan dapat menghilangkan penyok pada lantai atau furnitur kayu menggunakan menggunakan teknik serupa dengan karpet yang penyok.

Basahi area lantai atau furnitur kayu yang penyok, lalu letakkan tisu basah di atasnya. Setel setrika pada pengaturan panas, dan buat gerakan melingkar di atas yang penyok selama beberapa menit, periksa sesering mungkin untuk melihat apakah penyok sudah berkurang.

Ingatlah bahwa tidak semua hasil akhir bereaksi dengan cara yang sama terhadap uap, pastikan untuk menguji metode ini di area yang tidak mencolok terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com