Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Kompas.com - 19/12/2020, 16:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain secara rutin membersihkan air dalam akuarium serta memberikan makanan bernutrisi tinggi, meletakkan daun ketapang pada akurium ikan cupang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan ikan cupang.

Dilansir dari Betta Source, Sabtu (19/12/2020), daun almond India atau yang biasa dikenal dengan daun ketapang, digunakan di seluruh dunia oleh mereka yang merawat ikan cupang.

Daun ini diklaim sebagai pengobatan homeopati untuk berbagai penyakit dan kondisi yang dimiliki ikan cupang.

Baca juga: Kenalan dengan Ikan Cupang Berwarna Hitam, Tak Kalah Cantik

Daun ini sangat populer di Asia Tenggara dan India.Hal itu dimulai ketika daun-daun ini gugur secara alami di perairan yang terdapat ikan.

Ternyata ikan yang terkena daun ketapang ini lebih tahan terhadap penyakit, memiliki sirip, dan sisik yang lebih kuat dan sehat.

Anti Bakteri dan Jamur

Dengan meletakkan daun ketapang pada akuarium ikan cupang dapat menurunkan pH air akuarium hingga memiliki efek anti bakteri dan anti jamur.

Tak hanya itu saja, daun ketapang juga dapat menyediakan sumber makanan bagi ikan, saat daunnya terurai, sering kali diselimuti oleh biofilm yang bisa menjadi makanan ikan cupang.

Baca juga: 4 Manfaat Memberi Sekat pada Wadah Ikan Cupang

Ikan yang berasal dari sungai seperti cupang, akan merasa berada di dalam habitatnya, karena daun ketapang ini membantu membuat air keran seperti air di habitat mereka.

Daun Ketapang memiliki kandungan asam tanin yang dapat menjadi obat bagi ikan bahkan manusia. Ketika daun ketapang ini direndam di dalam akuarium, warna air akan berubah kecokelatan ini karena saat daun ketapang membusuk, mereka melepaskan tanin.

Meskipun ini mungkin terlihat sangat mengkhawatirkan, ini sama sekali tidak berbahaya bagi ikan, dan biasanya sangat bermanfaat.

Tanin juga meningkatkan sistem kekebalan dan menurunkan stres. Namun, bagi kalian yang lebih menyukai melihat air bersih, cukup tambahkan beberapa karbon aktif ke filter.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com