Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Uang, Ini yang Harus Diperhatikan Saat Akan Membangun Rumah

Kompas.com - 19/12/2020, 11:12 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kamu ingin membangun sebuah rumah baru, pastinya ada banyak pertimbangan yang harus direncanakan dengan matang dan serius.

Budget atau anggaran memang jadi faktor penting dalam membangun sebuah rumah, akan tetapi ada faktor-faktor pendukung lainnya yang juga harus dilengkapi.

Karena rumah adalah kebutuhan penting bagi kehidupan sebuah keluarga, maka ketahui beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah.

Baca juga: 8 Cara Mudah Bikin Rumah Terlihat Mewah

Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah rumah? Munif Bayu Imam Syuhada,  Project Manager sebuah perusahaan konstruksi di Jakarta memberikan penjelasannya saat dihubungi Kompas.com, Kamis, (17/12/2020).

"Hal yang harus dipertimbangkan saat ingin membangun rumah menurut saya itu pertama lokasi. Ketahui lokasi, kamu mau bangun rumah di mana," buka Munif.

Terkait lokasi, Munif mengatakan ini berkaitan dengan akses yang terjangkau dengan transportasi umum maupun fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan sebagainya.

Oleh karena itu, disarankan memilih lokasi yang strategis saat ingin membangun rumah apabila ingin mendapatkan berbagai akses tersebut.

Baca juga: Menjual Rumah di Tengah Pandemi dan Resesi, Menguntungkan?

Saat lokasi sudah ditentukan, pastikan lahan yang menjadi tempat untuk mendirikan bangunan rumah baru tidak ada sengketa.

Setelah itu, minta izin untuk mendirikan bangunan kepada pihak berwenang untuk mendapatkan izin membangun bangunan (IMB).

Selanjutnya, Munif menyampaikan kalau konsep rumah juga menjadi bagian dari hal yang perlu diperhatikan saat ingin membangun rumah.

Konsep rumah akan menentukan bangunan rumah seperti apa yang diinginkan, bisa klasik, modern, industrial, dan masih banyak lagi.

"Konsep dan desain harus tahu seperti apa maunya, apa rumahnya mau satu tingkat aja atau dua tingkat atau bagaimana. Ketahui juga berapa ruang kamar yang diinginkan, kamar mandi, semuanya harus detail," tambah Munif.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com