Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Alam Bisa Memberikan Ketenangan di Rumah

Kompas.com - 17/12/2020, 20:21 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini di tengah situasi pandemi, memaksa masyarakat untuk menghabiskan banyak waktu di dalam rumah. Mulai dari belajar dari rumah, hingga bekerja dari rumah.

Untuk itu, dibutuhkan suasana rumah yang mendukung agar dapat menjalankan semua aktivitas dengan nyaman, tenang, namun tetap bersemangat.

Salah satunya, memilih warna cat dinding di dalam ruangan, sebab pemilihan warna berpengaruh dengan suasana hati seseorang dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Hal ini diungkapan oleh desainer interior Riri Yakub, yang juga pendiri studio desain Atelier Riri.

 

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Sofa Minimalis dengan Warna Lembut

"Warna merupakan sesuatu yang krusial dalam suatu bangunan, karena merupakan elemen penting yang bisa membuat atmosfer suasana rumah berbeda," ungkap Riri dalam konferensi pers virtual, Kamis (17/12/2020). 

Untuk menampilkan ruangan yang tenang dan dapat mendukung suasana hati dalam beraktivitas, Riri menyarankan mengaplikasikan warna hangat yang natural seperti warna cokelat dan warna alam lainnya.

"Warna alam seperti cokelat ini dapat dengan mudah dipadukan dengan warna lainnya, sehingga cocok di semua ruangan di dalam rumah. Selain itu, warna ini bisa menenangkan dan memberikan suasana mood baik di dalam ruangan," tambah Riri. 

Agar rumah memiliki warna yang menarik serta dapat membangkitkan mood baik, Riri menyarankan untuk mengaplikasikan warna netral atau alam ini dengan warna lainnya yang lebih berani yang bisa menjadi aksen. 

Baca juga: Panduan Memilih Warna Cat Dinding Dalam Ruangan

Gradasi Warna Kontras

Sementara itu, agar menciptakan ruangan kerja yang produktif di dalam kamar tidur yang tetap memerlukan ketenangan, Riri menyarankan untuk memberikan gradasi dalam ruangan.

"Salah satu cara adalah tetap menggunakan warna tenang di dalam kamar tidur, karena ketika istirahat seseorang harus mendapatkan ketenangan dari warna yang digunakan, namun bisa dibuat gradasi warna yang lebih terang di dalam ruangan tersebut untuk membangkitkan mood bekerja," ujarnya.

Sebelum mengaplikasikan warna-warna tersebut di dalam ruangan, Riri menganjurkan untuk selalu membuat mood board atau perencanaan terlebih dahulu, sebab dengan mood board bisa memastikan warna yang ingin diaplikasikan seperti apa.

"Selain warna, untuk membangkitkan mood juga harus memerhatikan bukaan, serta pencahayaan dalam ruangan," tutup Riri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com