Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2020, 14:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Healthline

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias di dalam rumah kini menjadi hobi baru di kalangan pencinta tanaman, maupun yang baru merawat tanaman.

Selain menjadikan sebagai elemen dekorasi yang cantik, ternyata tanaman yang diletakkan di dalam rumah juga memberikan manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari Healthline, Sabtu (19/12/2020), selain tren sosial media yang terus meningkatkan popularitas tanaman ini, manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan juga menjadi faktor tanaman ini lebih banyak diletakkan di dalam ruangan.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Bunga yang Mudah Dirawat di Rumah

1. Dapat Mengurangi Stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa tanaman yang diletakkan di dalam rumah atau kantor dapat membuat Anda merasa lebih nyaman, dan tenang.

Dalam penelitian tersebut, peserta diberi dua tugas berbeda: merepoting tanaman hias dan menyelesaikan tugas singkat berbasis komputer.

Setelah setiap tugas, peneliti mengukur faktor biologis yang terkait dengan stres, termasuk detak jantung dan tekanan darah.

Mereka menemukan bahwa tugas berkebun dalam ruangan menurunkan respons stres pada peserta.

Baca juga: Selain Poinsettia, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Dekorasi Natal

Sebaliknya, tugas komputer menyebabkan lonjakan detak jantung dan tekanan darah, meskipun peserta penelitian adalah pria muda yang terbiasa dengan pekerjaan komputer. Peneliti menyimpulkan bahwa bekerja dengan tanaman dapat mengurangi stres fisiologis dan psikologis.

2. Lebih Fokus

Berbeda dengan tanaman asli, ternyata tanaman plastik atau palsu tidak berdampak apapun ketika diletakkan di dalam ruangan.

Hal ini ditemukkan dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan 23 peserta, peneliti menempatkan siswa di ruang kelas dengan tanaman palsu dan yang asli.

Pemindaian otak peserta menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan tanaman hidup nyata di kelas lebih dapat fokus dan lebih mampu berkonsentrasi daripada siswa di kelompok lain.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com