Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman yang Dapat Mengusir Serangga, Apa Saja?

Kompas.com - 17/12/2020, 08:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah dipenuhi dengan berbagai serangga seperti nyamuk, serta lalat memang menjengkelkan. Apalagi dengan jumlah yang sangat banyak, dan menganggu aktifitas dalam rumah.

Namun, untuk mengusirnya hindari menggunakan penyemprot kimia, selain menyebarkan bahan kimia di ruangan, hal ini bisa bahaya bagi pernapasan jika digunakan dengan jangka panjang.

Dilansir dari House Beautiful, Kamis (17/12/2020), ada beberapa tanaman yang dapat menghalau berbagai serangga tersebut.

Baca juga: 8 Tanaman yang Mampu Usir Nyamuk dan Serangga

1. Lavender

Lavender adalah pilihan alami yang baik untuk mengusir serangga. Tidak hanya aromanya yang harum tetapi juga dapat mengusir lalat, kumbang, dan bahkan kutu.

Selain memiliki aroma yang wangi, lavender dapat menjadi elemen dekorasi di dalam rumah.

2. Rosemary

Anda mungkin hanya menganggap rosemary sebagai bahan yang bagus untuk hidangan, tetapi tanaman ini juga bagus untuk mengusir serangga. Aromanya yang kuat akan menangkal hama yang menjengkelkan.

Cara terbaik adalah menyimpan seluruh tanaman rosemary di area dapur.

Baca juga: Ingat, 5 Kesalahan dalam Merawat Tanaman

3. Lemon

Lemon begitu efektif sebagai pengusir serangga karena memiliki senyawa tingkat tinggi yang disebut sitronelal. Untuk mengusir serangga, cukup letakkan tanaman lemon di rumah.

4. Sage

Aroma dan minyak sage yang kuat bekerja dalam mengusir nyamuk dan lalat. Simpan tanaman sage di rumah. Selain dapat mengusir serangga, tanaman ini juga dapat memberikan nuansa rileks yang terpancar dari aromanya.

Ilustrasi warna marigoldshutterstock Ilustrasi warna marigold

5. Marigold

Aroma marigold yang khas dapat mencegah lalat, nyamuk, dan hama lainnya. Jadi tidak perlu membeli obat nyamuk jika Anda memiliki obat nyamuk alami, cerah, dan cantik ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com