Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Fungsi Setrika Selain untuk Melicinkan Pakaian

JAKARTA, KOMPAS.com - Umumnya sebuah setrika atau gosokan yang banyak digunakan oleh orang-orang di rumahnya memiliki fungsi untuk menyetrika, alias melicinkan pakaian agar bebas kusut atau lecek.

Namun, mungkin kamu tidak tahu dan menyangka kalau sebuah setrika mempunyai fungsi lain di luar menyetrika pakaian.

Ya, kamu tidak salah membacanya. Sebuah setrika yang ada dirumahmu bisa kamu pergunakan untuk beberapa hal lain selain menghilangkan lecek pada pakaian.

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (30/12/2020), ada cara yang tak biasa yang bisa digunakan dengan setrika, berikut di antaranya.

1. Mengatasi penyok di karpet

Saat kamu meletakkan furnitur yang berat di atas karpet lembut, hal itu bisa meninggalkan tanda atau bekas tindihan yang membuat karpet tampak penyok.

Salah satu cara yang paling efektif untuk memperbaiki kondisi tersebut adalah dengan meletakkan kain lembab di atas area karpet yang penyok. Setelah itu gosok kain lembab tersebut menggunakan setrika dengan pengaturan uap.

Setelah sekitar 30 detik, sisihkan setrika dan angkat serat karpet dengan jarimu atau sikat kaku.

2. Reparasi kayu

Kamu bahkan dapat menghilangkan penyok pada lantai atau furnitur kayu menggunakan menggunakan teknik serupa dengan karpet yang penyok.

Basahi area lantai atau furnitur kayu yang penyok, lalu letakkan tisu basah di atasnya. Setel setrika pada pengaturan panas, dan buat gerakan melingkar di atas yang penyok selama beberapa menit, periksa sesering mungkin untuk melihat apakah penyok sudah berkurang.

Ingatlah bahwa tidak semua hasil akhir bereaksi dengan cara yang sama terhadap uap, pastikan untuk menguji metode ini di area yang tidak mencolok terlebih dahulu.

3. Menghapus noda lilin

Kamu mungkin pernah menumpahkan sedikit lilin panas ke karpet atau taplak meja. Untungnya, setrika dapat diperbaiki hal itu dengan mudah.

Pertama, biarkan tumpahan lilin panas menjadi benar-benar kering, lalu keruk sebanyak mungkin dengan pisau mentega tumpul.

Setelah itu letakkan handuk kertas di atas area lilin, dan cukup nyalakan setrika dengan suhu panas rendah untuk mengeluarkan lilin dari kain dan ke handuk kertas dengan lembut.

4. Membersihkan noda uap panas

Apakah kamu membuat kesalahan dengan meletakkan secangkir teh atau kop panas di atas meja kayu kesayanganmu? Kemungkinan besar, itu meninggalkan noda panas putih yang jelek.

Percaya atau tidak, setrika dapat digunakan untuk menghilangkan noda panas dari permukaan ini. Letakkan handuk tipis di atas area yang bermasalah.


Kemudian, setel setrika dengan suhu panas sedang, dengan fungsi uap aktif, dan berikan tekanan ringan pada titik tersebut selama 10-15 detik. Periksa hasilnya, dan jika perlu, terus gunakan panas sampai noda hilang.

5. Melestarikan bunga

Lestarikan bunga dari karangan bunga kesayangan atau sehelai dedaunan yang indah dengan setrika dan kertas lilin.

Pertama, selipkan bunga di antara 2 lembar kertas lilin, lalu letakkan buku yang berat di atasnya untuk diratakan.

Sementara kamu menunggu, kosongkan air dari setrika uap karena kamu tidak ingin ada uap yang terlibat dalam proses ini. Gantilah buku dengan handuk kertas, lalu tekan setrika di atas bahan untuk menutupnya.

Proses ini akan bertindak sebagai laminasi untuk bunga, memungkinkanmu menggunakannya sebagai dekorasi atau kerajinan tangan selama bertahun-tahun yang akan datang.

6. Penghenti noda pakaian

Cegah noda keringat dan bau busuk pada kemeja dengan memasukkan bedak bayi ke dalam rutinitas menyetrikamu. Cukup bersihkan bagian dalam ketiak kemeja dan kerah dengan bedak bayi berbau sedap lalu setrika seperti biasa.

Ini akan menciptakan penghalang antara kulit dan serat kemeja, mengurangi bekas keringat yang menyinggung. Metode ini bekerja sangat baik pada kemeja putih, yang perubahan warnanya paling jelas terlihat.

7. Hilangkan noda permen karet

Ya, setrika bisa mengatasi noda permen karet yang menempel di pakaianmu. Caranya cukup letakkan selembar karton di area pakaian yang terkena permen karet, sehingga sisi dengan permen karet menyentuh karton.

Setelah noda permen karet sudah menempel di karton, gosok bagian atas karton dengan setrika. Setelah itu, seterika sisi kain lain di baliknya.


Noda permen karet akan menempel di karton, dan akan jadi lebih lunak, sehingga kamu dapat membersihkan sisanya dari pakaianmu.

Untuk hal satu ini, pastikan suhu setrika tidak terlalu tinggi, karena permen karet akan meleleh dan susah dihilangkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/30/144500476/7-fungsi-setrika-selain-untuk-melicinkan-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke